13 Tewas dalam Teror di Barcelona, 4 Terduga Teroris Ditembak Mati

13 Tewas dalam Teror di Barcelona, 4 Terduga Teroris Ditembak Mati

13 Tewas dalam Teror di Barcelona, 4 Terduga Teroris Ditembak Mati

Sebanyak 13 orang dinyatakan tewas dan 80 orang terluka setelah sebuah mobil van menabrak kerumunan orang di kawasan turis Las Ramblas, Barcelona, Spanyol.

Para saksi mata menyebut mobil van tersebut meluncur kencang menabrak orang-orang yang sedang berjalan sebelum akhirnya berhenti. Polisi setempat menganggap kejadian ini sebagai serangan teroris.

Las Rambas merupakan jalan sepanjang 1,2 km di pusat kota Barcelona, dari Placa de Catalunya (alun-alun Catalunya) ke monumen Christopher Columbus di dekat pantai.

Oleh karena merupakan kawasan turis, di sepanjang jalan ini penuh dengan toko, bar, dan restoran.

Dewan Kota Barcelona membatasi kendaraan bermotor, sehingga lebih banyak pejalan kaki di kawasan ini.

Las Ramblas, Barcelona

Dilansir Associated Press (17/8), polisi memastikan kecelakaan ini sebagai bagian dari aksi terorisme, yang dilakukan pelaku dengan cara menabrak kerumunan pejalan kaki menggunakan mobil van putih.

ISIS menyatakan bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 13 orang dan 80 orang terluka.

Klaim ISIS terhadap serangan yang terjadi pada Kamis (17/8) sekitar pukul 17.00 waktu setempat itu, disampaikan melalui Amaq News Service (media pendukung ISIS).

“Pelaku serangan Barcelona adalah tentara ISIS, yang melakukan operasi tersebut sebagai tanggapan atas seruan untuk menargetkan negara-negara koalisi,” kata kantor berita Amaq, dilansir Reuters, Jumat (18/8).
Negara-negara koalisi yang dimaksud ISIS dalam pernyataannya tersebut, menurut Amaq, mengacu pada persekutuan negara-negara yang dipimpin Amerika Serikat.

Menteri dalam negeri, Catalunya Joaquim Forn, mengatakan pengendara mobil van tersebut adalah seorang pria bertubuh kurus yang tampak berusia 20-an tahun. Pria itu melakukan penyerangan dengan mobilnya sepanjang ratusan meter.

Kepolisian Spanyol telah mengkategorikan insiden penabrakan itu sebagai aksi teror, dan telah menahan pria pengemudi mobil itu. Media massa Spanyol mengidentifikasi pria itu adalah Driss Oukabir.

Pria yang diduga pengendara mobil van bernama Driss Oukabir.

 

Polisi Catalunya Tembak Mati Empat Teroris terkait Serangan Mobil

Polisi Spanyol, Jumat (18/8/2017) dini hari waktu setempat, menembak mati “empat terduga teroris” dan melukai seorang lainnya dalam operasi di Cambrils, sebuah kota kecil di selatan Barcelona.

Diberitakan Reuters yang mengutip kepolisian Catalunya, situasi di wilayah Cambrils, selatan Barcelona, berhasil dikendalikan setelah sebelumnya terjadi baku tembak pada Jumat (18/7). Selain empat orang tewas, polisi juga berhasil melukai seorang terduga teroris lainnya di wilayah itu.

Polisi juga telah menahan dua pria, seorang Maroko dan seorang pria dari Melilla, Afrika utara, meskipun keduanya bukan pengemudi mobil van yang menabrak para korban.

Saksi mata mengatakan sopir tersebut melarikan diri dengan berjalan kaki. Masih belum jelas seberapa banyak orang yang melakukan penyerangan tersebut.

Kepolisian Spanyol sudah menerbitkan foto seorang pria bernama Driss Oubakir yang diduga menyewa mobil van yang ditabrakkan ke kerumunan orang di Barcelona.

Media Spanyol melaporkan, Driss Oubakir, yang berusia 20-an tahun lahir di Maroko. Dia termasuk satu dari dua orang yang sudah ditangkap terkait dengan insiden tersebut.

Sekalipun demikian, dari berbagai laporan menyebutkan, Oubakir mengaku tidak terlibat dalam serangan di Barcelona. Kepada polisi dia mengatakan bahwa dokumen miliknya dicuri.

Las Ramblas, Barcelona

Insiden penabrakan mobil di jalan Las Ramblas, Barcelona, yang sarat turis pada Kamis sore (17/8) adalah serangan teroris paling mematikan di Spanyol sejak ledakan di kereta Madrid pada Maret 2004, menewaskan 191 orang dan melukai lebih dari 1.800 lainnya.

Polisi menembak mati seorang pria yang diduga mengendarai van tersebut, seorang lainnya ditangkap.

Modus operandi dengan cara menabrakkan mobil ke kerumunan massa adalah serangan khas ISIS dalam setahun terakhir. Lebih dari 100 orang tewas dalam serangan semacam ini di kota Nice, Berlin, London, dan Stockholm.

ISIS mengklaim serangan tersebut dengan mengatakan bahwa ini adalah bentuk balas dendam dari campur tangan Spanyol di konflik Irak dan Suriah.

 

Baca juga : 5 Terduga Teroris di Bandung Rencana Serang Istana Negara dan Mako Brimob

 

 

Sumber berita 13 Tewas dalam Teror di Barcelona, 4 Terduga Teroris Ditembak Mati : kompas , kumparan