Admin EkowBoy Penyebar Hoaks KPU Acungkan 2 Jari di Mabes Polri

Admin EkowBoy Penyebar Hoaks KPU Acungkan 2 Jari di Mabes Polri

Admin EkowBoy Penyebar Hoaks KPU Acungkan 2 Jari di Mabes Polri

Ditsiber Bareskrim Polri menangkap EW, admin sekaligus penyebar hoaks server KPU di luar negeri untuk menangkan capres 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia langsung ditetapkan sebagai tersangka untuk penyebaran berita bohong.

Usai ditangkap pada Sabtu (6/4), EW langsung dibawa ke Mabes Polri dan dihadirkan dalam jumpa pers yang digelar Senin (8/4). Usai konferensi pers, EW langsung dibawa kembali ke dalam ruangan.

Namun saat akan menuju ruangan pemeriksaan, EW mengacungkan salam dua jari sambil membelakangi kamera.

Tersangka EW penyebar hoaks situs KPU menangkan capres tertentu mengacungkan 2 jari

Informasi yang diterima wartawan, EW memiliki nama lengkap Eko Widodo dan menjadi admin akun twitter @ekowBoys, yang aktif sejak Juni 2010. Saat ini ia memiliki 42.500 followers.

“Dia memiliki akun @ekowboys, akun twitternya yang tersebut memiliki followers cukup banyak sehingga cepat viral,” ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat jumpa pers.

Di kesempatan yang sama, polisi juga menangkap seorang ibu rumah tangga berinisial RD yang menyebar hoaks mengenai server KPU tersebut di Instagram. Saat ini RD masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Lampung.

Akun twitter @ekowBoy penyebar hoaks.

Polisi juga masih mendalami hubungan antara EW dengan penyebar hoaks lainnya, RD. RD ditangkap di Lampung. Polisi juga masih menyelidiki apakah ada orang yang sengaja meminta EW dan RD untuk menyebar hoaks.

“Salah satu mendapat berita dari IG (instagram), dan langsung suspend. Ketika menyebar langsung menghilang IG-nya. Dan mereka ini tidak ada hubungannya.

Atas perbuatannya, EW dan RD dijerat Pasal 13 Ayat 3, dan atau Pasal 14 Ayat 2 KUHP tentang penyebaran berita bohong dengan ancaman hukuman 4 tahun.

 

 

Baca juga : Sebar Berita Hoaks KPU di Twitter, Pemilik Akun Ekowboy Diciduk Polisi

 

 

Sumber berita Admin EkowBoy Penyebar Hoaks KPU Acungkan 2 Jari di Mabes Polri : kumparan