Afi Nihaya Diduga Plagiat Akibat Unggah Tulisan soal Rohingya

Afi Nihaya Diduga Plagiat Akibat Unggah Tulisan soal Rohingya

Afi Nihaya Diduga Plagiat Akibat Unggah Tulisan soal Rohingya

Konflik berdarah pemerintah Myanmar-komunitas Rohingya turut menjadi bahan pembicaraan utama di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Bahkan, tak jarang kritik warga Indonesia terhadap konflik itu bertendensi sentimen keagamaan.

Sentimen keagamaan dalam kritik terhadap konflik Rohingya itulah yang turut menjadi perhatian warganet bernama akun Afi Nihaya Faradisa.

Namun, warganet lainnya menyayangkan karena akun Afi lagi-lagi diduga melakukan plagiat atas tulisan yang diunggahnya dengan judul “Jangan Impor Konflik Rohingya Ke Sini!”.

Dugaan ini bukan kali pertama, karena akun Afi sebelumnya sedikitnya sudah tiga kali melakukan hal yang sama.

Pemilik akun Afi, yakni Asa Firda Inayah, juga sudah beberapa kali meminta maaf.

Akun Afi diduga memplagiat tulisan milik Eko Kuntadhi yang juga berjudul sama.

Bedanya, Eko mengunggah tulisan itu lebih dulu yakni pada 2 September 2017 pukul 03.09 pagi.

Sementara pada hari yang sama, akun Afi mengunggah tulisan itu pukul 16.27 sore.

Persoalan ini terungkap setelah banyak warganet memberitahukan Eko perihal dugaan plagiat akun Afi itu di kolom komentar tulisan laki-laki tersebut.

“Artikel ini dijiplak oleh Afi Nihaya Faradisa. Sudah tahu belum?” tulis akun Darwati Utieh. Hal yang sama juga diutarakan akun Wisnu Saputra, “Ini status dibajak sama si Afi, udah tahu belum?”

”Tulisan ini toh yang dibajak si Afi. Mungkin sebentar lagi bakal heboh kasus plagiarisme Afi terhadap Eko,” timpal akun Divaa Sofiana.

Namun, penelusuran redaksi, akun Afi tampak sudah menghapus unggahannya yang diduga plagiat tersebut, Selasa (5/9/2017).

Untuk diketahui, militer Myanmar menggelar operasi militer di daerah Rakhine—wilayah komunitas Rohingya—dalam dua pekan terakhir. Itu setelah sekelompok gerilyawan Rohingga menyerang pos polisi dan menewaskan 30 orang.

Sedikitnya 400 orang sipil tewas dalam operasi tersebut. Sementara 38 ribu warga lainnya terpaksa melarikan diri ke arah perbatasan Myanmar-Bangladesh.

https://www.facebook.com/ekokuntadhi/posts/1578182362257102

Selain itu video ini juga di kecam Plagiat : Afi Nihaya Bikin Video Penuh Kata Cacian

Lama tak terdengar setelah banyak kasus plagiatnya terungkap, Asa Firda Inayah atau lebih beken dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, kembali menghebohkan warganet penghuni media-media sosial di Indonesia.

ama tak terdengar setelah banyak kasus plagiatnya terungkap, Asa Firda Inayah atau lebih beken dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, kembali menghebohkan warganet penghuni media-media sosial di Indonesia.

Secara mengejutkan, Afi tampil dalam video siaran langsung melalui Facebook, Jumat (7/7/2017). Melalui video itu, Afi “curhat” mengenai aksi perundungan atau “bully” ditujukan kepadanya sejak banyak tulisannya yang viral ketahuan hasil menjiplak.

Dalam video tersebut, Afi yang pernah diundang Presiden Joko Widodo ke istana ini menggunakan bahasa Inggris ketika berbicara. Ia tampak mengkritik orang-orang tega merundung seseorang yang tak dikenal karena suatu hal.

Namun, tidak seperti tulisan atau video viral Afi sebelumnya yang mendapat apresiasi, “curhatan” dirinya kali ini justru menuai kecaman warganet.

Image result for Afi Nihaya
Afi Nihaya

Pasalnya, dalam video tersebut, Afi juga tidak segan-segan memakai kata cacian dalam bahasa Inggris. Setidaknya, dalam catatan Suara.com, Afi lebih dari dua kali menyebut diksi-diksi slang berarti umpatan dalam bahasa Inggris.

Kata-kata slang berarti umpatan dalam bahasa Inggris yang tersembur dari mulut Afi itu antara lain adalah, bastXXd, fXXk, asXXhoXe.

“Wah curhatannya, go international. Kasar sekali, kasihan. Ayo dibela, siapa yang dulu pro dia. Jangan dulu dipuji dan sekarang kalian tinggal,” tutur akun Irma S. Kusuma di Facebook.

Sementara pengguna Facebook lainnya, Alia Blues, mencurigai Afi membaca teks saat membuat video tersebut.

“Hei, kupikir kamu (Afi) membaca teks saat membuat video ini. Sebab, kamu selalu mengulang kalimat-kalimat lebih dari sekali. Kamu juga tampak tak fokus ke depan kamera. Apa kamu mengerti apa yang kamu katakan itu?” tulis Alia Blues memakai bahasa Inggris.

Video tersebut sudah dihapus dari akun pribadi Afi di Facebook. Namun, sebelum dihapus, video tersebut telah direkam dan disebar ke beragam media sosial oleh warganet, termasuk ke laman berbagi video YouTube.

Suara.com sudah mengirimkan video rekaman “curhatan” itu kepada Afi untuk dimintakan konfirmasi kebenarannya. Namun, hingga berita ini diunggah, Afi belum merespons hal tersebut.

https://youtu.be/c2ldE1XAKHE

 

Sumber Berita Afi Nihaya Diduga Plagiat Akibat Unggah Tulisan soal Rohingya : Suara.com