Akun Instagram Ust Somad Diblokir, Fadli Zon: Bisa Bikin Marah Umat

Akun Instagram Ust Somad Diblokir, Fadli Zon: Bisa Bikin Marah Umat

Akun Instagram Ust Somad Diblokir, Fadli Zon: Bisa Bikin Marah Umat

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) Fadli Zon mengatakan, tindakan pemblokiran sepihak terhadap akun instagram Ustad Abdul Somad berpotensi memicu kemarahan umat. Pasalnya, menurut Fadli, tindakan ini merupakan sebuah bentuk diskriminasi.

“Ya dengan sendirinya (bisa menimbulkan kemarahan umat). Jika ada ketidakadilan perlakukan itu sangat membahayakan,” jawab Fadli ketika dikonfirmasi wartawan, ditemui di gedung serba guna RJA, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/2).

Politisi Partai Gerindra itu pun menyesalkan pemblokiran terhadap akun @ustabdulsomad. Menurut Fadli, tindakan ini dilakukan sepihak dan menyalahi aturan demokrasi di Indonesia.

“Kita sangat menyesalkan akun instagram Pak Abdul Somad betul diblok ya. Kalau memang benar, saya pikir ini salah satu tindakan sepihak yang tidak (menghargai nilai-nilai) demokrasi,” ujar Fadli.

Dia menambahkan, sejatinya media sosial (medsos) merupakan ruang publik. Sehingga tidak selayaknya pengguna medsos diperlakukan berbeda-beda.

Fadli menuturkan, sudah selayaknya suluruh akun mendapat penilaian yang sama dari pihak penyedia layanan medsos.

“Tidak boleh ada diskriminasi terhadap konten-konten dan juga akun-akun yang memang diperbolehkan di kita (seperti) instagram, twitter, facebook, itu harus diperlakukan sama,” lanjut Fadli.

“Apalagi terhadap ulama, tokoh-tokoh yang memberikan konten positif. Sementara konten-konten negatif diberikan keleluasaan,” tegas Fadli.

Guna mencegah hal ini terulang kembali, Fadli akan menyuarakan masalah ini di DPR. Politisi bertubuh gempal ini berharap komisi terkait memanggil pihak penyedia ‘platform’ medsos agar lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Selain itu, Fadli juga meminta agar para pihak penyedia layanan medsos agar memberikan klarifikasi terhadap pemblokiran akun-akun yang terjadi. Sehingga, publik dapat mengetahui kejelasan mengapa tindakan ini dilakukan dan mencegah terjadinya kegaduhan.

 

(Baca juga: AKUN INSTAGRAM UAS DI-SUSPEND, PENGACARA BENTUK TIM INVESTIGASI)

 

Sumber Berita Akun Instagram Ust Somad Diblokir, Fadli Zon: Bisa Bikin Marah Umat : Jawapos.com