Anies Bilang Urusan Politik Tak Dicampurkan dengan Agama, Bahaya

Anies Bilang Urusan Politik Tak Dicampurkan dengan Agama, Bahaya

Anies Bilang Urusan Politik Tak Dicampurkan dengan Agama, Bahaya

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, sedianya urusan politik tidak dicampuradukan dengan permasalahan agama.

Anies menyampaikan hal tersebut dalam merespons adanya penolakan melakukan shalat jenazah untuk warga yang mendukung calon non-Muslim pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Jadi kita semua jalankan ini sebagai kewajiban kepada jenazah. Tidak ada urusannya sama politik dan jangan disatukan. Bahaya,” ujar Anies di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2017).

Dalam komentar sebelumnya calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merespons adanya ancaman penolakan shalat jenazah kepada individu yang mendukung calon non-muslim pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ia meminta kepada seluruh relawan pendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk terlibat langsung dan membantu apabila ada yang mengalami kesulitan dalam pengurusan jenazah.

“Karena itu saya katakan, kalau tidak ada yang melakukan (shalat jenazah) biar relawan kita yang melakukan,” ujar Anies di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2017).

Anies menambahkan, hukum menyalatkan jenazah adalah fardhu kifayah. Oleh karena itu, ia meminta agar tidak ada lagi warga yang tidak mau membantu pengurusan jenazah warga yang memiliki pandangan politik yang berbeda.

“Saya tegaskan kepada semua, mari kita tunaikan kewajiban kita. Namanya juga fardhu kifayah, kalau sudah ada orang yang menyelesaikan maka tunai, tapi kalau belum ada, maka saya tuliskan kepada semua para relawan untuk membantu menunaikan,” kata Anies.

Anies menambahkan, seharusnya iklim demokrasi yang sudah baik di Indonesia tidak dirusak oleh isu semacam itu.

Menurut dia, pilkada merupakan ajang bagi warga untuk memilih calon pemimpin yang dapat mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

“Jadi dengan begitu kita akan melihat pilkada ini bukan ajang untuk menakut-nakuti, tetapi ajang untuk rakyat mendapatkan pilihan yang lebih baik,” ucap dia.

Anies mengaku tidak ingin berkomentar banyak mengenai isu tersebut. Menurut dia, yang lebih penting adalah menyiapkan program bagi warga Jakarta.

“Saya enggak terlalu banyak menghabiskan waktu lihatin ini. Saya sih lihatnya yuk kita serius soal penyiapan lapangan pekerjaan, penyiapan kualitas pendidikan lebih baik. Sosialisasi kita lebih banyak ke situ,” kata Anies.

 

sumber berita Anies Bilang Urusan Politik Tak Dicampurkan dengan Agama, Bahaya : kompas.com