Anies-Sandi Akan Tertibkan Gubuk Liar & Ilegal Menjamur di Tanah Abang

Anies-Sandi Akan Tertibkan Gubuk Liar & Ilegal Menjamur di Tanah Abang

Anies-Sandi Akan Tertibkan Gubuk Liar & Ilegal yang Menjamur di Tanah Abang

Gubuk-gubuk liar menjamur di Kanal Banjir Barat, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menertibkannya.

“Kami sekarang lakukan pengerukan dan pengerukan itu butuh space, jadi nampak sekali permukiman-permukiman liar itu amat mengganggu. Nanti akan kami tertibkan,” kata Anies di Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri, Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (5/11/2017).

Anies sudah mendapatkan laporannya dari Wali Kota Jakarta Pusat. Penertiban gubuk-gubuk itu sudah dipersiapkan.

Image result for Gubuk liar di Tanah Abang

Gubuk-Gubuk Liar Ini Bikin Kumuh Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat di Tanah Abang

“Kita akan melakukan penertiban dan kita akan tindak semuanya. Karena memang tidak seharusnya. Yang terjadi adalah selama ini pengawasannya yang harus kami tingkatkan,” ujar Anies.

Hal ini sudah dibahas dalam rapat pekan lalu, kata Anies. Namun dia belum menyebutkan kapan penertiban akan berlangsung.

Sebelumnya menurut pantauan detikcom di sepanjang Kanal Banjir Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (4/11) bangunan liar tersebut berdiri di Jalan Tenaga Listrik, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kondisi bangunan dari terpal dan kayu tripleks mengotori kawasan tersebut. Gubuk liar tersebut berdiri sepanjang 1,1 Km.

Image result for Gubuk liar di Tanah Abang

Gubuk Liar Kembali Menjamur di Kawasan Tanah Abang

Sandi Dapat Kabar Gubuk Liar di Tanah Abang Jadi Tempat Prostitusi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memerintahkan Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede untuk mentertibkan gubuk liar di sepanjang jalur inspeksi Kanal Banjir Barat (BKB), Tanah Abang. Sandi juga mendapat kabar adanya prostitusi terselubung di lokasi itu.

“Jadi kebetulan juga Pak Wali sudah sampaikan (gubuk liar di BKB Tanah Abang), saya bilang ditertibkan,” beber Sandiaga saat dimintai konfirmasi, di Masjid Al Ikhlas, Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (5/11/2017).

Gubuk Liar Menjamur di Tanah Abang, Anies: Kami Tertibkan

Gubuk liar di Tanah Abang. Foto: Edward/detikcom

Informasi dugaan prostitusi terselubung itu itu diterima Sandi dari anggota Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar).

“Itu jadi sumber prostitusi saya dapat kabar. Tadi saya dapat kabarnya dari Bang Japar. Bang Japar bilang itu jadi tempat prostitusi,” terang dia.

Pantauan detikcom di Jl Tenaga Listrik, Tanah Abang, Sabtu (4/11), gubuk-gubuk liar yang terbuat dari terpal dan kayu tripleks berdiri sepanjang 1,1 Km. Warga yang menempati gubuk tersebut mayoritas berasal dari luar Jakarta yang berprofesi sebagai pemulung, pengepul botol plastik hingga penjual kopi.

Bikin Konsep Penataan, Pemprov DKI Pantau Tanah Abang Pakai Drone

Pemprov DKI Jakarta sedang mematangkan konsep baru kawasan Pasar Tanah Abang. Karena itu, pesawat nirawak atau dikenal dengan nama drone dikerahkan untuk memantau Pasar Tanah Abang.

“Sekarang kita lagi lengkapi data-datanya. Dua hari ini kami pantau lebih teratur. Kami juga menurunkan drone di sana untuk melihat potret dari udara,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (5/11/2017).

Image result for drone

Ilustrasi Drone

Sandiaga mengklaim dalam beberapa waktu dekat konsep baru kawasan Pasar Tanah Abang akan diumumkan ke publik.

Rencananya, Pemprov DKI akan kembali merelokasi PKL yang berjualan di trotoar sekitaran Pasar Tanah Abang. Namun soal tempatnya belum ditentukan.

“Dalam beberapa hari ke depan begitu Pak Anies melihat data-datanya cukup, meyakini sosialisasinya cukup, kepada pelaku transportasi di Tanah Abang akan kita luncurkan,” terang dia.

Bikin Konsep Penataan, Pemprov DKI Pantau Tanah Abang Pakai Drone

Foto: PKL Tanah Abang kembali menguasai Trotoar Pasar Tanah Abang. (Agung Pambudhy)

“Kita akan pikirkan (lokasinya). Tentunya kebijakan yang out of the box,” imbuhnya.

Penataan ulang kawasan Pasar Tanah Abang menjadi prioritas Pemprov DKI. Sebelumnya, Sandiaga mengatakan akan mengundang beberapa pakar seperti pakar transportasi dan tata ruang kota.

“Kita juga akan meminta pendapat dari para pakar transportasi dan tata ruang kota. Tadi saya lihat dengan mata kepala sendiri, tadi saya laporkan ada temuan baru yang harus terverifikasi,” ujar dia di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).

(Baca juga: TAGIH JANJI ANIES-SANDI TIDAK DIGUSUR, WARGA BANGUN KEMBALI KAMPUNG AKUARIUM)

(Baca juga: WARGA PASAR IKAN DIRIKAN HUNIAN LIAR KARENA YAKIN TIDAK DI GUSUR ANIES – SANDI)

 

Sumber Berita Anies-Sandi Akan Tertibkan Gubuk Liar & Ilegal Menjamur di Tanah Abang : Detik.com, Detik.com, Detik.com