Antusias Teriakan Metal dan Syarat Jokowi Saat Diumumkan Jadi Capres PDIP

Antusias Teriakan Metal dan Syarat Jokowi Saat Diumumkan Jadi Capres PDIP

Antusias Teriakan Metal dan Syarat Jokowi Saat Diumumkan Jadi Capres PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres pada pilpres 2019. Saat mendengar pengumuman itu, Jokowi langsung berdiri dan berteriak ‘metal’.

“Antusias, Pak Jokowi langsung berdiri berteriak ‘metal, metal’,” kata Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira sambil mencontohkan gaya Jokowi yang mengacungkan salam ‘metal’ di Hotel Grand Inna Beach Bali, Denpasar, Bali, Jumat (23/2/2018).

Dia menyebut Jokowi sangat antusias. Presiden RI ke-7 itu, disebut Andreas, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PDIP kepadanya.

“Pak Jokowi kelihatan dia sangat antusias. Dia ucapkan terima kasih,” ucapnya.

Pengumuman Jokowi sebagai capres PDIP terbilang tiba-tiba. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto awalnya menyebut tak ada deklarasi capres di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP.

Namun Megawati sebagai ketua umum menggunakan hak prerogatifnya untuk menentukan capres yang didukung PDIP. Dalam pembukaan Rakernas PDIP, putri proklamator Sukarno itu mengumumkan di hadapan elite partai banteng moncong tersebut.

“Dengan ini saya nyatakan calon presiden dari PDI Perjuangan, Ir Joko Widodo, Metal! Metal! Pasti menang total,” teriak Megawati dalam acara pembukaan Rakernas III PDIP.

Ini Syarat yang Berhasil Dipenuhi Jokowi Hingga Jadi Capres PDIP
Jokowi dan Megawati di Rakernas PDIP. Foto: Twitter Pramono Anung

Ini Syarat yang Berhasil Dipenuhi Jokowi Hingga Jadi Capres PDIP

PDIP resmi mengumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres pada pilpres 2019. Jokowi disebut memenuhi syarat PDIP karena berkinerja baik hingga layak diusung kembali.

“PDIP mengawal dan mendukung pemerintahan presiden Jokowi. Di PDIP ada tradisi kalau menjalankan pemerintahan dengan baik tentu memperoleh dukungan kembali maju lagi,” kata Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira di Hotel Grand Inna Beach Bali, Denpasar, Bali, Jumat (23/2/2018).

Hal itu disebut Andreas awalnya merupakan tradisi PDIP untuk pilkada. Namun, pengumuman Jokowi sebagai capres 2019 membuktikan tradisi tersebut juga terjadi di pilpres.

“Berlaku di pilkada dan tadi terbukti untuk pilpres,” ucapnya.

Terkait cawapres, Andreas menyebut PDIP masih mempertimbangkan sejumlah syarat. Salah satunya kemampuan sosok cawapres mendongkrak elektabilitas Jokowi.

“Lihat perkembangan di dalam beberapa bulan terakhir akan menentukan itu. Ada beberapa kriteria yang harus kita hitung dari aspek elektoral, profesionalitas,” ujar Andreas.

Sebelumnya, Andreas juga menyebut tak ada kesepakatan tertentu atau deal antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Jokowi. Menurutnya, Megawati hanya menggunakan hak prerogatif yang dimilikinya berdasarkan hasil kongres.

“Tidak juga (ada deal). Ibu ketua umum kan punya hak prerogatif menyampaikan itu,” ungkap Andreas.

Megawati mengumumkan Jokowi sebagai capres PDIP. Pengumuman itu disambut riuh para kader.

“Dengan ini saya nyatakan calon presiden dari PDI Perjuangan, Ir Joko Widodo, Metal! Metal! Pasti Menang Total,” teriak Megawati di acara pembukaan Rakernas III PDIP.

Simak videonya dibawah ini:

 

(Baca juga: SOAL PENYERANGAN ULAMA, PPP: PELAKU MANTAN ORANG KUAT UNTUK PILPRES)

 

Sumber Berita Antusias Teriakan Metal dan Syarat Jokowi Saat Diumumkan Jadi Capres PDIP : Detik.com, Detik.com