Apa Benar Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia?

Apa Benar Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia?

Apa Benar Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia?

Selama ini kita hanya mengenal Puncak Jaya di Gunung Jayawijaya, Papua sebagai satu-satunya lokasi bersalju di Indonesia

Namun tebal es di Puncak Jaya menyusut dimana pada Juni 2010 tebal es Puncak Jaya yakni 31,49 meter, menyusut hingga menjadi 26,23 meter pada November 2015. Bahkan diperkirakan salju yang katanya ‘abadi’ di gunung tertinggi se Indonesia (4.884 Mdpl) ini, akan semakin menyusut hingga mengering akibat pemanasan global

Lalu kemanakah kita akan mencari salju di Indonesia?

Sebenarnya ada satu lokasi lain di Indonesia yang dapat dibilang memilki penampakan ‘salju’. Lokasi tersebut adalah di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Sepanjang sejarahnya suhu udara terdingin di Dieng mencapai minus 4 derajat celcius yakni pada bulan Agustus 2013. Fenomena cuaca ekstrim ini membuat lapangan disekitar kompleks candi Arjuna Dieng tertutup bun upas atau embun upas. Dengan ketebalan hingga 5 cm, embun upas ini kerap disamakan dengan salju.

Fenomena ini semakin memperkuat julukan Dieng sebagai ‘Eropanya Indonesia’.

Embun upas dieng…. #dieng#embunupas#saljudieng#saljutropis#saljutipis

A post shared by eka istiana (@annaforeko) on

Embun Upas ini tak hanya terjadi sekali, saat acara tahunan Dieng Culture Festival 2016, suhu di kawasan tersebut mencapai minus 2 derajat celcius.

Kawasan yang jugu memiliki julukan ‘Negeri Atas Awan’ ini kembali dilanda ‘salju mini’. Embun-embun pagi membeku dan membentuk kristal-kristal es yang disebut dengan embun upas tadi.

Jika beruntung kamu yang akan mengunjungi Dieng pada Agustus nanti mungkin dapat merasakan sensasi ‘salju mini’ tersebut.

 

Sumber Berita Apa Benar Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia? : Kumparan.com