Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Tidak Ada Hujan, Kita Terima Air dari Hulu

Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Tidak Ada Hujan, Kita Terima Air dari Hulu

Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Tidak Ada Hujan, Kita Terima Air dari Hulu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui daerah yang terendam air saat ini adalah daerah langganan banjir. Anies mengatakan genangan tersebut diakibatkan oleh kiriman air dari hulu Sungai Ciliwung.

“Di tempat itu, tidak ada hujan sebetulnya mereka itu, kita ini menerima air dari hulu ketika di sana hujannya keras,” kata Anies di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Anies mengatakan telah memerintahkan semua wali kota memantau daerahnya. Menurutnya, semua wali kota saat ini sedang bekerja memantau banjir.

Anies soal Banjir Jakarta: Tidak Ada Hujan, Kita Terima Air dari Hulu
Banjir di salah satu RW di Pejaten Timur. (Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom)

“Pagi ini kalau Anda lihat lagi dari papan wakil, nggak ada wali kota, nggak ada. Karena semua sedang bekerja di lapangan untuk bersiaga menghadapi air kiriman dari hulu,” jelas Anies.

Anies menuturkan pihaknya sudah bersiaga sejak semalam. Seluruh petugas terkait sudah bersiaga untuk mengantisipasi siaga I Bendungan Katulampa.

“Tadi malam sekitar pukul 09.00 di Katulampa sudah siaga I. Seluruh petugas kita sejak malam sudah bekerja di lapangan untuk mengantisipasi datangnya air kiriman dari hulu,” sebutnya.

Anies mengatakan solusi banjir tersebut adalah pembangunan bendungan. Dia mengatakan bendungan selesai pada tahun ini.

“Kita membangun dry dum di hulu ada 2 bendungan yang sekarang dibangun. Insyaallah bendungan selesai tahun ini,” jelasnya.

VIDEO: Permukiman di Pancoran Terendam Banjir 5 Meter

 

Baca juga: 7 RW di Pejaten Timur Jakarta Selatan Terendam Air Hingga 3,7 Meter

 

Sumber Berita Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Tidak Ada Hujan, Kita Terima Air dari Hulu: Detik.com