Bantuan Dari Pemerintah RI untuk Rohingya Tiba di Bangladesh

Bantuan Dari Pemerintah RI untuk Rohingya Tiba di Bangladesh

Bantuan Dari Pemerintah RI untuk Rohingya Tiba di Bangladesh

Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk para pengungsi Rakhine State, Myanmar tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh pada Kamis (14/9) sore sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Bantuan itu dikirimkan menggunakan pesawat Hercules A 1316.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Direktur Tanggap Bencana BNPB Junjungan Tambunan kepada Duta Besar Republik Indonesia kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno. Kemudian Rina akan menyerahkan bantuan tersebut kepada pemerintah Bangladesh yang diwakili oleh Distric Commissioner Chittagong, Md Zillur Rahman Chowdhury.

Usai penyerahan, Rina mengapresiasi bantuan kemanusian dari pemerintah Indonesia untuk Bangladesh tersebut. Menurutnya, masih banyak sejumlah masalah di lapangan yang membutuhkan bantuan dunia internasional.

Bantuan Indonesia untuk Rohingya
Bantuan Indonesia untuk Rohingya (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

“Senang sekali menerima pesawat pertama kiriman bantuan kemanusiaan untuk Bangladesh dari Indonesia. Sudah ditunggu-tunggu baik oleh pemerintah Bangladesh karena ada beberapa kendala keterbatasan di lapangan,” ujar Rina dalam keterangan yang tertulis yang diterima oleh kumparan (kumparan.com), Jumat (15/9).

Rina mengatakan pihaknya juga akan mendistribusikan bantuan tersebut kepada para pengungsi yang ada di Kota Coxs Bazar.

“Dari sini kita akan membantu membawa ke Kota Coxs Bazar, kota terdekat dengan daerah pengungsi sekitar 170 KM dari kota ini. Kita akan bantu sampai di sana,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rina menjelaskan kondisi sejumlah tenda pengungsian di Kota Coxs Bazar yang cukup memprihatinkan.

Bantuan ACT untuk Rohingya
Bantuan ACT untuk Rohingya. (Foto: Aksi Cepat Tanggap (ACT))

“Kemarin saya ke Coxs Bazar, di sana camp-camp pengungsian sudah melebihi kapasitas sehingga dibangun camp-camp yang asal-asalan tendanya hanya didukung oleh tenda bambu yang kalau kena angin atau hujan angin akan terbang,” kata Rina.

Ada empat pesawat Hercules dari Indonesia yang digunakan untuk mengirimkan bantuan ke Bandladesh. Pertama, Pesawat Hercules A 1316 mendarat di Bangladesh membawa bantuan berupa tenda dan selimut. Selang dua jam kemudian, Pesawat Hercules A 1319 mendarat membawa beras sebanyak 10 ton.

Sedangkan dua pesawat lainnya, menurut Marsma TNI Nanang Santoso masih berada di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh, rencananya akan diberangkatkan esok hari.

“Secepatnya kita sesuaikan dengan flight clearance yang diberikan. Menurut info Ibu Dubes, rencananya besok (15/9) dengan waktu yang sama. Kita akan laksanakan ini sampai tuntas sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia,” kata Nanang.

 

Sumber Berita Bantuan Dari Pemerintah RI untuk Rohingya Tiba di Bangladesh : Kumparan.com