Beredar Maklumat Habib Rizieq Tinggalkan Prabowo, Siapa Bikin Hoax?

Beredar Maklumat Habib Rizieq Tinggalkan Prabowo, Siapa Bikin Hoax?

Beredar Maklumat Habib Rizieq Tinggalkan Prabowo, Siapa Bikin Hoax?

Maklumat hoax yang mencatut nama Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab beredar di media sosial dan WhatsApp. Sosok pembuat maklumat hoax tersebut masih misterius.

Juru bicara FPI Slamet Maarif menyatakan maklumat tersebut hoax. Slamet mengatakan pihaknya masih menimbang-nimbang melapor ke polisi.

“Sedang dikaji. Apa kalau lapor didengerin polisi ya?” kata juru bicara FPI, Slamet Maarif, lewat pesan singkat, Kamis (31/1/2019).

Slamet ragu untuk melapor karena mengaku selama ini pelaporan yang dibuat tidak ada laporan progres tindak lanjut dari kepolisian. Dia menyebut laporan yang ‘mangkrak’ tak terhitung jumlahnya.

Maklumat hoax tersebut berisi seruan Habib Rizieq agar aktivis dan simpatisan FPI mencabut dukungan untuk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Seruan palsu itu dikaitkan dengan pernyataan dari adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo, yang mengatakan kubu Prabowo akan menerima dukungan dari mana pun, termasuk anak, cucu, hingga cicit anggota PKI.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga meminta polisi mengusut penyebar hoax tersebut. BPN yakin Rizieq akan konsisten mendukung pasangan nomor urut 02 ini.

“Kami mendesak pihak kepolisian untuk mengusut peredaran meme tersebut sampai tuntas. Publik menantikan hukum yang tegak bagi semua. Bukan hanya untuk pendukung petahana,” ungkap juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Pipin Sopian, kepada wartawan, Kamis (31/1).

Maklumat hoax yang catut nama Habib Rizieq
Maklumat hoax yang catut nama Habib Rizieq (Foto: Dok. Istimewa)

BPN Prabowo-Sandiaga menganggap maklumat hoax itu sebagai fitnah. Mereka menilai ada yang sengaja menyebar hoax itu untuk merugikan pihaknya.

“Itu hoax dan fitnah yang keji. Habib Rizieq adalah ulama dan negarawan. Tidak akan mengubah pilihan karena itu. Ada pihak yang sengaja membuat hoax untuk mencari keuntungan kelompoknya,” ucap Pipin.

Dalam maklumat hoax, ucapan Hashim seolah dijadikan landasan sikap politik FPI untuk mencabut dukungan terhadap Prabowo-Sandiaga. Di dalamnya, Rizieq juga mengatakan akan memberi sanksi bila ada anggota FPI yang tak mengikuti maklumat tersebut.

“Sehubungan pernyataan resmi dari Hasyim Djojohadikusumo terkait ‘dipersilahkannya anggota PKI dari keluarga hingga cucu untuk mendukung PRABOWO’ maka diserukan segenap Aktivis FPI & SAYAP JUANGNYA beserta semua simpatisan FPI & seluruhnya untuk segera: ‘MENGUNDURKAN DIRI MASSAL TERKAIT DUKUNGAN KEPADA PRABOWO-SANDI, DIKARENAKAN MEREKA TELAH MEMBUKA PINTU GERBANG MASUK UNTUK PKI’,” demikian salah satu bagian tulisan dalam maklumat hoax tersebut.

Siapa bikin hoax maklumat Rizieq minta FPI tinggalkan Prabowo-Sandiaga?

 

Baca juga: RIZIEQ SYIHAB MENGELUARKAN MAKLUMAT ANGGOTA FPI DI PBB MENGUNDURKAN DIRI

 

Sumber Berita Beredar Maklumat Habib Rizieq Tinggalkan Prabowo, Siapa Bikin Hoax?: Detik.com