Bikin Mual, Video Pembersih Hotel Cuci Cangkir Hotel Pakai Sikat WC

Bikin Mual, Video Pembersih Hotel Cuci Cangkir Hotel Pakai Sikat WC

Bikin Mual, Video Pembersih Hotel Cuci Cangkir Hotel Pakai Sikat WC

Harapan semua orang yang menginap di sebuah hotel adalah kamar yang bersih dan higienis. Tapi harapan ini kiranya sirna jika melihat cara petugas kebersihan di sebuah hotel di China mencuci cangkir dan toilet.

Sebuah media China, Pear, pekan ini mengunggah rekaman kamera tersembunyi cara pembersih di berbagai hotel bintang lima di China bekerja. Bikin mual, pasalnya mereka membersihkan cangkir untuk minum tamu dengan sikat WC.

Salah satu rekaman diambil di Kempinski Hotel di kota Harbin. Jurnalis Pear, seperti dikutip dari The Independent, menyamar sebagai karyawan baru yang diajari membersihkan kamar oleh staf pembersih senior.

Staf itu kemudian terekam menggunakan sikat WC untuk mencuci cangkir teh di wastafel kamar mandi. Sikat WC itu kemudian digunakan untuk menyikat toilet lalu diletakkan kembali ke lantai.

Kempinski Hotel in Harbin

Untuk mengeringkan bagian dalam toilet, dia menggunakan handuk mandi tamu. Kepada reporter Pear yang menyamar, dia mengatakan kepada juniornya untuk tidak perlu repot-repot mensterilkan cangkir.

Saat ditanya apakah pembersih lain juga melakukannya, dia mengatakan: “Kami hanya tidak pernah membicarakannya”.

Cara membersihkannya sangat jorok. Padahal tamu merogoh kocek antara Rp 5,8 juta-6,7 juta untuk menginap semalam di hotel ini.

Ternyata tidak hanya di hotel tersebut. Pear juga merekam hal yang sama di hotel Shangri-La di Harbin, dengan harga kamar antara Rp 2,6 juta-5,1 juta per malam.

Pembersih di Shangri-La terekam membersihkan cangkir teh, tong sampah, dan toilet dengan lap kain yang sama. Dia juga membersihkan alas karet di bathtub, juga dengan lap tersebut.

Shangri-La hotel in Harbin.

Sebetulnya hal itu dilarang oleh pihak hotel, tapi dia mengaku malas mengikuti peraturan. Asalkan bosnya tidak melihat.

Hotel terakhir yang ditampilkan dalam video berdurasi 7 menit itu adalah Sheraton Harbin Xiangfang Hotel yang harganya mencapai Rp1,6 juta-2,2 juta per malam.

Pembersih di Sheraton terdengar mengatakan, handuk yang tidak dipakai tidak perlu diganti. Dia juga terlihat memakai sikat yang sama untuk membersihkan toilet dan wastafel.

Rekaman ini tidak ayal memicu kehebohan di sosial media China, Weibo.

Melalui pernyataannya di Weibo, Sheraton Hotel mengaku menyesalkan peristiwa itu terjadi. Mereka berjanji akan memberikan pelatihan tambahan kepada para pembersih untuk menegakkan kebijakan hotel.

Shangri-La mengaku langsung melakukan penyelidikan setelah video itu mengemuka dan berjanji memperketat pengawasan. Sementara Kempinski mengatakan telah menerapkan kebijakan tambahan untuk memastikan kebersihan terjaga.

https://youtu.be/F_B7E_eE7Zc

 

 

Baca juga : Gadis Rusia Nikahi Pekerja Tambang Miskin Asal China Karena Cinta

 

 

Sumber berita Bikin Mual, Video Pembersih Hotel Cuci Cangkir Hotel Pakai Sikat WC : kumparan.com