BTN Tidak Tertarik DP Nol Persen, Anies-Sandi Makin Pusing

BTN Tidak Tertarik DP Nol Persen, Anies-Sandi Makin Pusing

BTN Tidak Tertarik DP Nol Persen, Anies-Sandi Makin Pusing

Direktur Konsumer BTN Handayani mengatakan, belum ada aturan Bank Indonesia (BI) yang membolehkan uang muka nol persen untuk kredit properti.

PT Bank Tabungan Negara? (Persero) Tbk tidak tertarik bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk program pembiayaan rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen.

Handayani menjelaskan, dalam regulasi yang dikeluarkan oleh BI tertuang rasio Loan to Value (LTV) untuk kredit properti maksimal sebesar 95 persen. Sehingga tetap harus ada uang muka lima persen dari harga properti tersebut dan tidak memungkinkan uang muka nol persen.

Ah sebenarnya kalau DP nol persen itu kan tidak ada di perbankan. Karena kita ingin fasilitas yang kita berikan ini, debitur memiliki ownership untuk memiliki kewajiban untuk menyelesaikannya,” kata Handayani di Sleman, Yogyakarta, Sabtu 22 April 2017.

“Kalau di aturan BI OJK kan atur LTV 95 persen maksimal. Tetap ada lima persen. Kecuali yang subsidi kita berikan satu persen uang muka,” ucap dia.

Ia mengakui, sampai saat ini pihak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI versi hitung cepat belum ada yang menawarkan kerja sama dengan BTN mengenai program tersebut. Namun, jika diajak kerja sama, perseroan tidak akan tertarik.

“Kalau diajak, tentu kita harus mematuhi ketentuan regulator BI dan OJK. Karena mereka kan tetap dengan peraturan LTV maksimal 95 persen. Jadi kita memang kita sebagai bank harus mengikuti ketentuan itu,” pungkas Handayani seraya menggelengkan kepala.

Dalam Kasus tersebut juga

Ternyata Program Rumah DP 0 Bukan untuk Warga Miskin, tapi yang Bergaji 7 Juta

Bilangnya rumah, ternyata rumah susun juga seperti yg dibuat Ahok

Bilangnya DP 0 rupiah, ternyata pake DP juga dicicil 6 bulan 

Bilangnya untuk warga miskin, ternyata untuk warga berpenghasilan 7 juta perbulan dan warga berpenghasilan UMP hanya bisa sewa

https://www.facebook.com/ary.prasetyo.1042/videos/408708512842365/

 

Sumber Berita BTN Tidak Tertarik DP Nol Persen, Anies-Sandi Makin Pusing : Gerilyapolitik.com

Sumber Berita BTN Tidak Tertarik DP Nol Persen, Anies-Sandi Makin Pusing : Facebook.com