Cerita Pilu Nek Mimi Saat Dikunjungi Anies dan Dijanjikan Akan Ditolong Ternyata…

Cerita Pilu Nek Mimi Saat Dikunjungi Anies dan Dijanjikan Akan Ditolong Ternyata...

Cerita Pilu Nek Mimi Saat Dikunjungi Anies dan Dijanjikan Akan Ditolong Ternyata…

Siti Bunga (72) atau yang akrab disapa Nek Mimi menceritakan pengalamannya saat bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Nek Mimi adalah penghuni Rusun Pesakih atau dikenal dengan sebutan Rusun Daan Mogot, Jakarta Barat yang selama ini tinggal seorang diri.

Nek Mimi menceritakan, awalnya datang dua orang utusan Presiden Joko Widodo untuk melunasi tunggakan rusun Nek Mimi selama 13 bulan yang mencapai sekitar Rp 3 juta dan sudah dilunasi hingga Desember 2017. Tak lama berselang, Anies mengunjungi Nek Mimi di rusun.

“Ada ajudannya Pak Jokowi ngelunasin tunggakan sampai Desember 2017, setelah itu ada Pak Anies ke sini nanya-nanya sambil lihat-lihat,” kata Nek Mimi saat ditemui Kompas.com, Kamis (23/11/2017).

Siti Bunga (72) atau Nek Mimi saat ditemui di Rusun Daan Mogot, Kamis (23/11/2017).
Siti Bunga (72) atau Nek Mimi saat ditemui di Rusun Daan Mogot, Kamis (23/11/2017).(IWAN SUPRIYATNA/KOMPAS.com)

Saat itu status Anies masih calon gubernur Jakarta. Tak bermaksud untuk meminta, saat dikunjungi Anies, Nek Mimi mengaku sempat dijanjikan akan diberikan santunan. Namun, hingga kini santunan yang dijanjikan tersebut tak pernah dirasakannya.

“Enggak ada (santunan dari Anies), cuma dari ajudan Pak Jokowi aja yang waktu itu dateng dua orang,” ucapnya.

Pernah dalam satu waktu, Nek Mimi bertemu dengan Anies saat Anies menghadiri acara di Masjid Raya Hasyim Ashari yang tepat berada di Rusun Daan Mogot beberapa waktu lalu.

Nek Mimi mengaku sempat bersalaman, dan Anies pun masih mengingatnya. Namun, Anies hanya merangkul Nek Mimi sambil mengucapkan hal yang pernah didengarnya saat pertama kali Anies mengunjunginya di rusun.

“Pak Anies cuma bilang, sabar ya, Bu. Sudah gitu aja,” kenang Nek Mimi.

Meski demikian, Nek Mimi tidak berharap banyak pada gubernurnya. Nek Mimi hanya berharap dirinya tidak diusir dari unit B 210 tempat dirinya melepas lelah setelah seharian membuat kardus kotak kue dari karton.

Selain itu, Mimi juga berterima kasih karena sampai saat ini, orang utusan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih rutin mengirimkan Rp 500.000, beras, minyak goreng, gula, hingga ikan kaleng setiap bulannya

Namun, mengingat tunggakan sewa rusun yang pernah dilunasi utusan Presiden Joko Widodo hanya sampai pada bulan Desember 2017, setelah itu dirinya tidak mengetahui lagi nasibnya selanjutnya.

“Yang penting enggak diusir, saya pengin di sini sampai tutup usia,” ucapnya seraya mengusap air mata yang menetes.

Sulit Bayar Sewa, Nek Mimi Dibantu Orang yang Ngaku Utusan Jokowi
Nek Mimi (Arief/detikcom)

Sebelumnya:

Sulit Bayar Sewa, Nek Mimi Dibantu Orang yang Ngaku Utusan Jokowi

Siti Bunga alias Nek Mimi (72) hidup di rumah susun (Rusun) Pesakih, Cengkareng, Jakarta Barat. Pekerjaan sebagai pelipat kardus kue tidak mampu membantunya membayar sewa rusun.

Pada 5 Juli 2017, surat tagihan dialamatkan ke unitnya di Blok B Unit 210. Surat tersebut mengharuskan dia membayar tunggakan 11 bulan sebesar Rp. 3.461.920.

“Saya datang ke pengurus, saya bilang nggak sanggup bayar, tapi saya nggak mau pindah. Saya pengen tutup usia di sini,” ucap Nek Mimi kepada detikcom di unitnya, Kamis (27/7/2017).

Uang yang dihasilkan Nek Mimi jauh dari kata cukup untuk membayar sewa rusun. Tiap bulan, dia harus membayar biaya sewa sebesar Rp 281.000 dan token listrik Rp. 20.000.

“Rata-rata sepuluh hari dapet Rp 30.000, kalau makan kadang beli kadang dikasih sama anak yang ada di lantai atas,” ucap Nek Mimi.

Dia masuk Rusun Pesakih pada 2014 setelah rumahnya di Kali Angke digusur. Dia pun menolak dibantu anaknya karena merasa anaknya sama sulitnya dengan dia.

Kemarin (26/7), dua pria bertubuh tegap datang mengunjungi unit Nek Mimi. Orang tersebut mengaku utusan Presiden Joko Widodo.

“Kemarin pagi, datang dua orang, tegap rapi, pakai batik. Katanya dia disuruh Pak Jokowi. Mau bantu bayar sewa dan ngasih satu juta,” ucap Nek Mimi.

Image result for Siti Bunga (72) atau Nek Mimi saat ditemui di Rusun Daan Mogot
Nek Mimi (Arief/detikcom)

Nek Mimi pun diajak mengurus biaya sewa di Bank DKI. Dua orang tersebut menemani Nek Mimi sampai semuanya selesai.

“Saya ke bank, ke UPRS (Unit Pengelola Rumah Susun), bawa buku tabungan, surat-surat lengkap,” kata Nek Mimi.

Dua orang tersebut membayar lunas tunggakan dan sewa sampai Desember 2017. Nek Mimi pun merasa lega setelah sewa rusunnya aman sampai Desember 2017.

“Setelah mereka berdua pergi, sekitar (pukul) 14.30 WIB, datang orang dari Jati Baru. Katanya orangnya Pak Ahok (mantan Gubernur DKI). Katanya bayar (sewa rusun) sampai Desember tahun besok,” ucap ibu empat anak ini.

UPRS Tambora, selaku pengelola Rusun Pesakih, membenarkan tunggakan Nek Mimi telah lunas sampai Desember 2017.

“Pembayaran tunggakan dan sewa sampai Desember 2017 sudah lunas. Sedangkan pembayaran sampai 2018 belum dilakukan,” ucap Kepala UPRS Tambora Sarjoko saat ditemui di kantornya di Rusun Pesakih.

Simak video dibawah ini:

 

(Baca juga: SANDIAGA UNO SINDIR AHOK MAU JADI SUPERMAN, DAN BAWA JAKARTA MUNDUR KEBELAKANG)

 

Sumber Berita Cerita Pilu Nek Mimi Saat Dikunjungi Anies dan Dijanjikan Akan Ditolong Ternyata… : Kompas.com, Detik.com