Demo Buru Kenaikan UMP, Sandi: Kita Cari Saling Menguntungkan

Demo Buru Kenaikan UMP, Sandi: Kita Cari Saling Menguntungkan

Demo Buru Kenaikan UMP, Sandi: Kita Cari Saling Menguntungkan

Seusai salat asar, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menemui massa buruh di depan Balai Kota. Dia akan menyiapkan langkah yang menyejahterakan buruh.

“Terima kasih sudah menunggu, mohon maaf baru bisa hadir karena menumpuknya tugas dan alhamdulillah setelah salat asar kita bisa menyiapkan langkah. Mudah-mudahan kita bisa menghadirkan kebijakan yang menyejahterakan buruh,” kata Sandi di atas mobil komando buruh, Selasa (31/10/2017).

Sandi meminta massa buruh tetap kondusif dan bersatu dalam melaksanakan aksi. Bersama Anies, dia akan berdiskusi dengan para pemangku kepentingan terkait upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta.

“Kita gunakan kesempatan beberapa jam ke depan mudah-mudahan dengan diskusi dengan Pak Anies, serta seluruh pemangku kepentingan dan pimpinan yang ada di sini. Kita bisa insyaallah menghadirkan suatu yang berbeda, sesuatu yang mudah-mudahan bisa diterima semua pihak,” jelas Sandi.

Sandiaga Temui Massa Buruh yang Demo di Depan Balai Kota

Sandiaga menyambangi para buruh yang berdemo di depan Balai Kota DKI Jakarta. (Aditya Fajar/detikcom)

Dia menambahkan, memimpin Jakarta lima tahun ke depan bukan perkara mudah. Sandi meminta doa para buruh agar segala kebijakan yang akan dikeluarkan nanti tetap istikamah.

“Kita mohon doanya agar kita tetap amanah, tetap istikamah, banyak sekali tekanan-tekanan. Tapi insyaallah kalau kita bersatu mudah-mudahan kita bisa hadirkan kebijakan yang lebih baik buat semua,” tutup Sandi.

Untuk diketahui, Anies Baswedan akan mengumumkan besaran nilai UMP 2018 hari ini. Besaran UMP 2018 paling lambat pada 1 November memang sudah harus diteken oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui peraturan gubernur (pergub).

Sandiaga sambangi para buruh yang berdemo di depan Balai Kota DKI Jakarta

Sandiaga menyambangi para buruh yang berdemo di depan Balai Kota DKI Jakarta. (Aditya Fajar/detikcom)

Buruh Demo Kenaikan UMP, Sandi: Kita Cari Win-win Solution

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku tengah berdiskusi secara intensif terkait kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta secara transparan. Sandi berharap keputusan yang diambil nantinya menjadi win-win solution.

“Kita koordinasikan bersama, kita coba buka semua opsi, hadirkan semua secara terbuka dan transparan. Bersama teman-teman buruh dan pemangku kepentingan akan intensif dalam 24 jam ke depan bersama Pak Gub (Gubernur DKI Anies Baswedan),” kata Sandi kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (31/10/2017).

Sandi berharap hasil keputusan nanti menaikkan UMP di DKI Jakarta akan menjadi solusi yang terbaik dan tidak mengecewakan pihak mana pun.

Sambangi Buruh, Sandi: Kita Siapkan Langkah yang Mensejahterakan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menemui massa buruh di depan Balai Kota. (Aditya Fajar Indrawan/detikcom)

“Keputusannya paling tidak bisa memberikan solusi jalan tengah yang win-win solution,” imbuhnya.

Massa buruh menuntut kenaikan upah menjadi Rp 3,9 juta untuk UMP DKI Jakarta tahun 2018. Nominal tersebut dianggap rasional dan adil bagi buruh.

“Ini angkanya didasarkan survei kebutuhan hidup layak (KHL) teman-teman pekerja sendiri. Kita perlu buka lagi data-datanya karena kebijakan ini harus berbasis data serta tren-tren ekonomi ke depan,” jelas Sandi.

Ditambahkan Sandi, Pemprov akan menjadi fasilitator dari hubungan industrial yang baik antara pengusaha dan pekerja. Sandiaga menginginkan tak hanya pengusaha yang berkembang, tapi juga pekerjanya.

“Kuncinya hubungan industrial yang lebih bagus. Kita ingin hadirkan bahwa pengusahanya berkembang dan pekerjanya juga berkembang. Pemerintah memfasilitasi, bukan gontok-gontokan untuk UMP, tapi bagai hubungan industrial yang lebih baik,” tuturnya.

 

Sumber Berita Demo Buru Kenaikan UMP, Sandi: Kita Cari Saling Menguntungkan : Detik.com, Detik.com