Detik-detik Kali Ciliwung Meluap, Warga Kampung Pulo Dievakuasi

Detik-detik Kali Ciliwung Meluap, Warga Kampung Pulo Dievakuasi

Detik-detik Kali Ciliwung Meluap, Warga Kampung Pulo Dievakuasi

Luapan Kali Ciliwung di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur sudah melewati batas dinding kali. Air akhirnya menggenangi Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur setinggi satu meter.

Sejak air menggenangi jalan, petugas gabungan dari Polri, TNI, Tagana, Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP langsung mengevakuasi warga yang sebelumnya masih bertahan di rumah.

Proses evakuasi dipantau langsung oleh Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Yoyon Tony Surya. Petugas memasang tali di sepanjang jalur evakuasi warga.

Sebagian warga yang merupakan lansia harus digendong guna melewati banjir yang semakin tinggi. Bahkan, ada warga yang harus ditandu oleh petugas karena kelelahan melewati banjir setinggi satu meter lebih itu.

Korban banjir kehabisan tenaga.
Evakuasi warga Kampung Pulo.

Semakin malam, air yang menggenangi rumah warga sekalin tinggi. Air bahkan melewati dinding pembatas Kali Ciliwung dan akhirnya membanjiri Jalan Jatinegara Barat. Air mulai meluap pada pukul 00.05 WIB.

Tony terpaksa memanggil petugas gabungan untuk mengatur pola evakuasi setelah air semakin tinggi. Tony meminta petugas mengatur ulang posisi tali yang mulai terendam air dan mengatur posisi petugas agar tetap bisa mengevakuasi warga.

“Ayo rapat-rapat. Diatur jaraknya. Pak lewat tali, Pak,” kata Tony memberikan instruksi di lokasi, Selasa (6/2).

“Ayo, Buk ayok, hati-hati airnya sudah meluap. Warga langsung digendong saja,” ujar Tony.

Sampai saat ini, air masih menggenangi permukiman warga. Jalan Jatinegara Barat juga masih ditutup karena tergenang.

Banjir di Kampung Pulo.

Para warga berjalan dengan saling berpegangan tali menerjang banjir menuju ke posko banjir yang disediakan di Jalan Jatinegara Barat.

“Hati-hati, Bu, pegangan sama talinya, airnya deras,” kata salah satu petugas yang mencoba mengarahkan para warga.

Meski sudah tergenang air, Jalan Raya Jatinegara Barat juga kini berubah menjadi tempat warga menyelamatkan kendaraan bermotornya. Lalu lintas di jalan tersebut pun untuk sementara tidak dapat dilalui.

Polres Jakarta Timur bersama Damkar, Satpol PP, dan Dishub hingga saat ini masih melakukan penjagaan di beberapa titik untuk memastikan evakuasi berjalan lancar.

 

 

Baca juga : Setelah 10 Jam Tertimbun, Korban Longsor Perimeter Soetta Selamat

 

 

Sumber berita Detik-detik Kali Ciliwung Meluap, Warga Kampung Pulo Dievakuasi : kumparan.com