Dihujat Tidak Manusiawi, Sandi Siapkan OK OCE hingga Sepeda Listrik untuk Becak di DKI

Dihujat Tidak Manusiawi, Sandi Siapkan OK OCE hingga Sepeda Listrik untuk Becak di DKI

Dihujat Tidak Manusiawi, Sandi Siapkan OK OCE hingga Sepeda Listrik untuk Becak di DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku serius ingin melatih para penarik becak di Jakarta dalam program OK OCE.

Dengan pelatihan itu, dia berharap citra penarik becak yang banyak disebut pekerjaan tak manusiawi akan semakin baik.

“Mereka bisa diberikan pelatihan, kan banyak yang bilang becak enggak manusiawi, bagaimana caranya mereka bisa dipastikan untuk tidak telantar,” ujar Sandiaga di RPTRA Taman Sawo, Jalan Damai, Cipete Utara, Minggu (28/1/2018)

Sandiaga mengatakan, saat ini tim OK OCE sedang merumuskan mekanisme pelatihan bagi para penarik becak ini.

Landasan hukum terkait pengoperasian becak di Jakarta juga sedang disiapkan.

Dia menegaskan, semua langkah yang dilakukan Pemprov DKI untuk penarik becak adalah bentuk keberpihakan.

“Ini masalah keberpihakan. Kami mau berpihak sama masyarakat yang selama ini belum merasakan kue pertumbuhan ekonomi,” ujar Sandiaga.

Beberapa waktu lalu, Sandiaga juga pernah menyampaikan hal serupa. Sandi ingin penarik becak memiliki standar pelayanan.

Rencana itu disampaikan setelah sebelumnya Pemprov DKI Jakarta mengizinkan becak beroperasi di Jakarta, tepatnya di jalan-jalan perkampungan.

“Mungkin salah satunya adalah (pelatihan) standar pelayanan, olahraga, bagaimana cara genjot yang bagus,” kata Sandi.

Menghidupkan kembali becak di Jakarta.
Menghidupkan kembali becak di Jakarta. (Foto: Helmi Afandi/kumparan)

Sandi Siapkan OK OCE hingga Sepeda Listrik untuk Penarik Becak di DKI

Berbagai upaya dilakukan Pemprov DKI setelah memperbolehkan kembali becak beroperasi di Jakarta sebagai angkutan lingkungan. Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melihat banyak penarik becak bekerja secara tidak manusiawi. Untuk itu, ia ingin memastikan mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

“Kita butuh lapangan kerja yang dibuka dan kita butuh solusi untuk yang sekitar 500 penarik becak di DKI yang sudah puluhan tahun (bekerja),” kata Sandiaga di RPTRA Taman Sawo, Cipete Utara, Jakarta Selatan, Minggu (28/1).

Sandi berencana melibatkan penarik-penarik becak dalam program One Kecamatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE) yang menjadi program andalan Anies-Sandi untuk meningkatkan kesejahteraan warga DKI.

Ia ingin memberikan solusi baru bagi para penarik becak lewat pelatihan kewirausahaan, sehingga dapat memberikan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatannya.

“Mereka ini mungkin akan kita berikan pelatihan dan kita berikan kesempatan naik kelas. Karena kita ingin mereka juga ikut program OK OCE, jadi pengusaha. Dan pada suatu saat dia sudah tidak perlu menarik becak,” ujarnya.

Walaupun begitu, bagi masyarakat yang masih membutuhkan jasa becak sebagai moda transportasi sehari-hari, Sandi memiliki angan-angan mengganti transportasi becak menjadi sepeda listrik, dengan memanfaatkan kerja sama antara PLN dan Cardiff University untuk menciptakan moda transportasi yang berkelanjutan atau sustainability mode of transport.

“Ada sepeda listrik seperti di New York. Itu lagi dilihat sama teman-teman, tapi jumlahnya enggak banyak. Sekarang lagi didata dulu,” lanjut Sandi.

 

(Baca juga: PEMPROV DKI ANCAM MEMULANGKAN, TUKANG BECAK CIREBON TIDAK GENTAR)

 

Sumber Berita Dihujat Tidak Manusiawi, Sandi Siapkan OK OCE hingga Sepeda Listrik untuk Becak di DKI : Kompas.com, Kumparan.com