Dirasa Menyalahi Aturan, Ahok Tolak Masukkan Program DP 0 di APBD-P

Dirasa Menyalahi Aturan, Ahok Tolak Masukkan Program DP 0 di APBD-P

Dirasa Menyalahi Aturan, Ahok Tolak Masukkan Program DP 0 di APBD-P

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak bisa memasukan program Anies Baswedan- Sandiaga Uno dalam APBD-Perubahan DKI 2017. Misalnya seperti program DP 0, Ahok mengaku tak bisa memasukan program itu selama dia masih menjabat.

“Kalau usul soal mesti sediakan uang DP 0 persen, ya enggak masuk akal buat kita beli rumah. Menyediakan uang, warga bisa cari rumah sendiri, boleh beli sendiri, ya menyalahi aturan, kita enggak bisa,” ujar Ahok (sapaan Basuki) di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (5/5/2017).

Ahok meminta Anies dan Sandi untuk menjalankan program tersebut setelah mereka resmi menjabat saja. Artinya, kata Ahok, program tersebut dimasukan ke dalam APBD DKI 2018.

“Kalau dia mau bikin, ya silahkan dia bikin sendiri. Duit dari mana? Semua warga boleh cari rumah sendiri, DP 0 persen, cicilan bunga 0 persen, dari mana? Kita enggak bisa,” ujar Ahok.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, APBD-P DKI 2017 masih dalam tahap inventarisasi. Pemprov DKI akan melakukan percepatan dalam penyusunan APBD-P 2017.

“Kita akan lakukan percepatan, kalau jadwal normatif kan dikirim (ke DPRD DKI) saja kan Agustus,” ujar Tuty.

Cawagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengaku sudah menargetkan anggaran untuk tahap pertama program rumah DP 0 rupiah.

Sandiaga mengatakan target tahap pertama mengurangi 80 persen backlog dari antrean 300.000 hunian murah.

“Berarti kalau dilihat tahun pertama secara realistis dana yang diperlukan program ini Rp 2,7 triliun,” kata Sandiaga di Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2017).

 

 

Sumber berita Dirasa Menyalahi Aturan, Ahok Tolak Masukkan Program DP 0 di APBD-P : kompas.com