Dituduh Kabur hingga Dideportasi, Ustaz Haikal Hassan Buka Suara Lewat Twitter

Dituduh Kabur hingga Dideportasi, Ustaz Haikal Hassan Buka Suara Lewat Twitter

Dituduh Kabur hingga Dideportasi, Ustaz Haikal Hassan Buka Suara Lewat Twitter

Pengkhotbah Haikal Hassan, yang dilaporkan kepolisi atas tuduhan menyebar kebohongan alias hoaks dan ujaran kebencian, memberi klarifikasi tentang berbagai tuduhan yang ditujukan padanya.

Klarifikasi itu ia sampaikan lewat akun Twitter @haikal_hassan pada Kamis (30/5/2019). Dalam cuitan tersebut, Haikal Hassan mengakui telah dituding kabur hingga dideportasi.

Padahal, berdasarkan klarifikasinya, ia menjalankan ibadah umrah dan kini telah pulang ke Tanah Air.

Sedangkan terkait isu deportasi, sebenarnya Haikal Hassan sedang transit di Dubai, Uni Emirat Arab, dalam perjalanan menuju Inggris.

“Orang umrah dibilang kabur. Nih gue sudah pulang. Transit di Dubai dibilang deportasi. Gue mau ke Inggris. Nah puasa-puasa jadi ngatain orang deh. Haha maaf,” tulis Haikal Hassan.

Bersama dengan klarifikasi tersebut, dirinya juga menyertakan video tentang imbauan menjaga perdamaian meskipun berbeda pilihan.

https://twitter.com/haikal_hassan/status/1134037836196278272

“Apa karena saya memilih Prabowo? Janganlah begitu. Kita cuma beda pilihan, saudara. Pengikut Pak Jokowi itu saudara gue, benar, sumpah mati, demi Allah, kalau gue bohong, saudara sebangsa se-Tanah Air.”

“Jadi jangan pakai musuhan gitu lo. Beda pilihan enggak apa-apa, wajar. Begitu juga para teman-teman, klien-klien saya, yang notabenenya banyak yang Chinese, padahal mereka orang-orang baik sekali sama saya.”

“Saya memebrikan motivasi di perusahaan-perusahaan itu. Sekarang semua putus hubungan. Why? Kita cuma beda pilihan. Tetaplah bersaudara, kita saudara sebangsa se-Tanah Air. Tetaplah memajukan Indonesia dengan cara yang kita yakini. Please, jadilah bersaudara,” ujar Haikal Hassan.

Diberitakan sebelumnya, pada Rabu (15/5/2019) lalu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo memastikan Haikal Hassan tidak akan datang dalam pemanggilan perdananya oleh Bareskrim Mabes Polri pada Kamis (16/5/2019).

Dedi mengatakan, rencananya Bareskrim memeriksa Haikal Hassan atas kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks.

Namun kala itu, ternyata Haikal Hassan sedang melaksanakan umrah, sehingga tidak dapat memenuhi panggilan.

Banyak warganet kemudian menuduh dirinya sengaja kabur dari pemeriksaan.

Selain itu, Haikal Hassan juga sempat dikabarkan ditangkap oleh Interpol di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pengacara dari Forum Advokat Antipenistaan Agama dan Ulama untuk Ustaz Haikal Hassan, Novel Bamukmin, kemudian memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks.

Pada Rabu (29/5/2019) lalu, Novel Bamukmin menerangkan, Haikal Hassan sedang menjalani safari dakwah setelah menyelesaikan kegiatan umrahnya.

Seperti Novel Bamukmin, Brigjen Dedi Prasetyo juga menegaskan kabar penangkapan Haikal Hassan di Dubai itu tidak benar.

 

Baca juga: Dipanggil Bareskrim Akibat Sebar Hoaks, Ustad Haikal Hassan Bertolak ke Arab Saudi

 

Sumber Berita Dituduh Kabur hingga Dideportasi, Ustaz Haikal Hassan Buka Suara Lewat Twitter: Suara.com