Gatot: Gus Dur Bawa Islam Damai dan Persatukan Keberagaman

Gatot: Gus Dur Bawa Islam Damai dan Persatukan Keberagaman

Gatot: Gus Dur Bawa Islam Damai dan Persatukan Keberagaman

Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebut sosok KH Abdurrahman wahid sebagai bapak bangsa Indonesia. Tokoh yang akrab dipanggil Gus Dur itu disebut mampu menyatukan keberagaman bangsa Indonesia.

“Gus Dur dilahirkan dari ayah yang juga seorang anggota penyusun persiapan kemerdekaan bangsa ini. Jadi pantas bila Gus Dur berasal dari keturunan yang jelas dari akumulasi persatuan bangsa ini,” kata Jenderal Gatot dalam acara Sewindu Haul Gus Dur, Jl Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2017) malam.

Bagi Gatot, ajaran dan pengabdian Gus Dur merupakan pelajaran yang berharga. Gus Dur menurutnya mampu membawa islam yang damai, sejuk dan bertoleransi.

Jenderal Gatot: Gus Dur Bawa Islam Damai dan Persatukan Keberagaman

Sewindu Haul Gus Dur. (Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom)

“Gus Dur membawa islam yang damai, sejuk dan bertoleransi dalam keberagaman bangsa ini. Bahkan ajaran itu menginspirasi saat beliau menjadi presiden dalam Bhinneka Tunggal Ika yang melekat pada kemajemukan dan keberagaman bangsa,” jelas Gatot.

Agama yang dibawa Gus Dur semasa hidup dinilai menjadi sarana pemersatu bangsa tanpa melihat perbedaan. Jenderal Gatot juga mencontohkan beberapa negara yang terpecah karena permasalahan agama.

“Menengok ke belakang sekarang saya mengerti sikap Gus Dur kenapa beliau seakan dikejar-kejar kalau menyangkut keberagaman, sudah ada contoh agama memecah dua negara, Yugoslavia pecah jadi 7 karena agama, Uni Soviet pecah jadi 15 negara juga karena agama,” papar jenderal bintang empat ini.

“Tapi Gus Dur, mempersatukan keberagaman tak hanya agama, beda kulit rambut, beda bahasa, beda pulau bahkan suku. Kalau itu tidak ditemukan keberagamannya sudah lama negara ini pecah,” imbuh Jenderal Gatot.

 

Sumber Berita Gatot: Gus Dur Bawa Islam Damai dan Persatukan Keberagaman : Detik.com