Gegara Video Zero Gravity, Izin Terbang Single Engine Captain Vincent Dicabut

Gegara Video Zero Gravity, Izin Terbang Single Engine Captain Vincent Dicabut

Gegara Video Zero Gravity, Izin Terbang Single Engine Captain Vincent Dicabut

Video penerbangan ‘zero gravity’ yang dibuat pilot youtuber Captain Vincent Raditya bersama Limbad berbuntut panjang. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencabut lisensi penerbangan single engine milik Vincent.

Captain Vincent Raditya adalah pilot maskapai penerbangan swasta yang selama ini juga aktif di Youtube. Dia kerap mengunggah berbagai video tentang dunia penerbangan. Hingga saat ini, Vincent punya 2,1 juta subscriber di Youtube.

Bulan lalu, Vincent mengunggah video berjudul ‘PRANK !! LIMBAD BUKA SUARA AKHIRNYA – 0 Gravitasi – SATU2nya ( NO CLICK BAIT )’. Di video tersebut, dia mengajak Limbad untuk naik pesawat Cessna 172 dan mempraktikkan zero gravity.

Gegara Video Zero Gravity, Izin Terbang Single Engine Capt Vincent Dicabut
Foto: Screenshot YouTube Vincent Raditya

Video itu kemudian ramai di media sosial dan hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 10,6 juta kali. Setelahnya, muncul pula video tanggapan dari youtuber top lainnnya, yaitu Deddy Cobuzier hingga Cameo Project.

Hingga akhirnya terungkap bahwa Vincent telah dipanggil oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pekan lalu. Usai pertemuan, Kemenhub mencabut lisensi penerbangan Captain Vincent Raditya untuk pesawat single engine.

“Benar,” kata Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Captain Avirianto, saat dikonfirmasi soal pencabutan izin Capt Vincent, Selasa (28/5/2019).

Avirianto mengatakan lisensi penerbangan Captain Vincent Raditya yang dicabut hanyalah untuk pesawat single engine. Dia tetap boleh menerbangkan pesawat jenis lainnya.

Surat bernomor AV.402/0041/dkppu/v/2019 tersebut diteken Captain Avirianto pada Selasa (21/5/2019) lalu. Pencabutan lisensi itu dilakukan setelah ada investigasi rekaman video dan Captain Vincent Raditya dinyatakan melakukan 3 pelanggaran.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara membatalkan otorisasi Aeroplane Class Rating untuk Single Engine Land di dalam ATPL 6702 atas nama Capt Vincent Raditya,” demikian keterangan di surat tersebut.

Vincent Raditya /
Vincent Raditya / Foto: Instagram @vincentraditya

Menurut Kemenhub, hal-hal yang dilakukan Captain Vincent Raditya di video zero gravity bersama Limbad itu membahayakan keselamatan penerbangan.

Captain Vincent Raditya sendiri mendapat banyak pertanyaan soal pencabutan lisensinya ini di media sosial. Dia lalu memberi penjelasan lewat video di Youtube.

“Benar, lisensi terbang saya dicabut untuk yang single engine,” kata Vincent dalam videonya.

Dia mengapresiasi dukungan netizen yang tumpah ruah. Vincent mengaku ikhlas soal pencabutan lisensi ini dan akan tetap aktif membuat video di Youtube.

“Terlepas dari sanksi yang diberikan kepada saya, terima tidak terima, saya yang bisa saya lakukan, saya menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada,” ucapnya.

Simak videonya dibawah ini:

 

Sumber Berita Gegara Video Zero Gravity, Izin Terbang Single Engine Captain Vincent Dicabut: Detik.com