Geng Kriminal Guatemala Menggelar Serangan Maut ke Kantor Polisi

Geng Kriminal Guatemala Menggelar Serangan Maut ke Kantor Polisi

Geng Kriminal Guatemala Menggelar Serangan Maut ke Kantor Polisi

Salah satu geng kriminal paling ditakuti di Guatemala, Barrio 18, menggelar serangan maut terhadap polisi di seluruh penjuru negeri itu.

Serangan tersebut dilakukan menyusul serbuan polisi terhadap sebuah penjara yang dikuasai anggota geng Barrio 18 pada Senin (20/3/2017).

Kepolisian Guatemala kini dalam kondisi siaga penuh setelah setidaknya sembilan serangan terhadap kantor-kantor polisi mengakibatkan tiga polisi tewas dan tujuh lainnya terluka.

Menurut menteri dalam negeri Francisco Rivas sebanyak 13 tersangka anggota geng ditahan pasca-serangan itu.

Polisi juga menyita sejumlah senjata termasuk sebuah peluncur granat, lima pucuk senapan serbu, empat pucuk pistol, dan dua rompi antipeluru serta sejumlah kendaraan.

“Serangan ini merupakan reaksi oleh sebuah organisasi kejahatan terhadap serbuan polisi ke penjara pada Senin lalu,” kata Rivas, Selasa (22/3/2017).

Penyerbuan penjara Stage II di kota San Jose de Pinula, tak jauh dari ibu kota Guatemala City, dilakukan setelah puluhan narapidana anggota Bario 18 memberontak, menewaskan beberapa sipir, dan menyandera empat sipir lainnya.

Bangunan itu sebenarnya adalah penjara anak-anak, tetapi hampir 200 narapidana yang menjalani hukuman berusia di atas 18 tahun.

 

 

sumber berita Geng Kriminal Guatemala Menggelar Serangan Maut ke Kantor Polisi : kompas.com