Salam Hormat Gatot Nurmantyo Kepada Hadi Tjahjanto Saat Resmi Jadi Panglima TNI

Salam Hormat Gatot Nurmantyo Kepada Hadi Tjahjanto Saat Resmi Jadi Panglima TNI

Salam Hormat Gatot Nurmantyo Kepada Hadi Tjahjanto Saat Resmi Jadi Panglima TNI

Marsekal hadi Tjahjanto resmi menjabat Panglima TNI usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/12) sore. Pelantikan ini berlangsung sekitar 15 menit dan berjalan khidmat.

Sejumlah menteri dan pejabat negara dalam jajaran Kabinet Kerja hadir dalam pelantikan Hadi ini. Termasuk Jenderal Gatot Nurmantyo. Selain itu hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Moelyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi.

Usai pelantikan, seperti biasa, para pejabat yang hadir menyalami dan memberi selamat kepada Hadi yang didampingi istrinya. Salah satu momen menarik ketika Gatot turut mengantre di belakang para menteri dan pejabat untuk menyalami Hadi.

Dengan pakaian dinas TNI AD lengkap dan menggenggam tongkat komando, Gatot berdiri tepat di belakang Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoly. Usai Yassona memberi selamat, tiba saatnya Gatot. Berbeda dengan menteri dan pejabat lain, Gatot memberi hormat yang disambut hormat juga oleh Hadi. Setelah itu, keduanya berjabat tangan dan kemudian foto bersama.

Momen ini relatif menarik. Sebab, dengan pelantikan ini, Gatot secara resmi meneruskan tongkat komando pucuk pimpinan tertinggi TNI kepada Hadi. Gatot akan memasuki masa pensiun pada 1 April 2018.

Hadi direkomendasikan Jokowi untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Gatot. DPR dalam rapat paripurna, Kamis (7/12), mengesahkan dan menyetujui pencalonan Hadi sebagai calon Panglima TNI, pada Kamis (7/12).

Hadi Tjahjanto Resmi Jadi Panglima TNI
Hadi Tjahjanto resmi menjadi Panglima TNI setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan. Di bawah sumpah, Hadi menyatakan siap menjadi Panglima TNI. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon).

Hadi merupakan lulusan Akademik Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Karier Perwira tinggi kelahiran Malang, 8 November 1963 ini diawali dari Skadron Udara 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Di skadron itu, Hadi bertugas sebagai pilot pesawat angkut Cassa.

Kariernya semakin meningkat setelah memimpin pendidikan penerbang sebagai komandan flight Skadron Pendidikan 101 Lanud Adi Soemarno pada 1997. Setahun berikutnya, Hadi menjabat kepala seksi Bingadiksis Dispers lanud tersebut, kemudian menjabat Komandan Batalyon III Menchandra Akademi TNI.

Image result for hadi bersama gatot
Gatot dan Hadi

Pada 1999, Hadi menjabat instruktur penerbangan Lanud Adi Sucipto. Tahun berikutnya, ayah dua anak ini dipercaya menjadi Kepala Seksi Keamanan dan Pertahanan Pangkalan Dinas Operasi lanud yang sama.

Pada usia 47 tahun, atau 2010 Hadi Tjahjanto menjadi Komandan Pangkalan Udara Adisumarmo, Solo, Jawa Tengah. Di tahun yang sama Jokowi saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Setahun kemudian pada 2011, dia berkarier di luar TNI AU sebagai Perwira Bantuan I/Rencana Operasi TNI dan Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara.

Hadi juga sempat menjabat posisi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh pada 2015, kemudian dipercaya menjadi Sekretariat Militer Presiden Jokowi. Saat itu, pangkatnya naik dari marsekal pertama menjadi Marsekal Madya.

Pada Januari 2017, Hadi dilantik Jokowi menjadi KSAU di Istana Merdeka, Jakarta.

Simak videonya dibawah ini:

 

 

Sumber Berita Salam Hormat Gatot Nurmantyo Kepada Hadi Tjahjanto Saat Resmi Jadi Panglima TNI : Cnnindonesia.com