Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Tak Mendukung Reuni 212

Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Tak Mendukung Reuni 212

Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Tak Mendukung Reuni 212

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir, mengatakan, pihaknya tidak akan ikut serta dalam Reuni Akbar 212 pada Sabtu (2/12). Menurut dia, kegiatan tersebut sudah dalam konteks yang tidak sesuai dengan kebiasaan jamaah Muhammadiyah.

“Kami (Muhammadiyah) tidak akan berreuni. Maka saya tegaskan kami tidak akan dukung apa lagi ikut berdemo,” ujar Haedar di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Jumat (24/11).

“Lebih baik kita reuni 17/8/1945 (hari Kemerdekaan Indonesia). Itu jauh lebih luas dan produktif,” kata Haedar.

Massa aksi 212 di depan gedung DPR RI.

Aksi masa 212, kata Haedar, merupakan kemelut umat Islam ketika mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diduga melakukan penistaan terhadap agama. Ketika itu, Ahok dinilai telah menodai Al-Qur’an melalui Surat Al Maidah ayat 51 ketika kunjungan kerja di Kepualauan Seribu.

“Lebih baik yang produktif. Jadi, Muhammadiyah itu tidak akan menunaikan kegiatan-kegiatan yang seperti itu,” imbuh Haedar.

Haedar berharap gerakan-gerakan yang lebih produktif lebih banyak muncul ke depannya. Masyarakat juga harus cerdas dalam menyikapi sesuatu agar tidak dipolitisasi.

“Makanya rakyat harus cerdas. Supaya kita tidak mudah terpolitisasi. Umat Islam harus cerdas, melek poltik, dan tidak gampang terpolitisasi,” tutup Haedar.

 

 

Baca juga : Anies-Sandi Kompak Mengaku Belum Tahu Rencana Reuni 212 di Monas

 

 

Sumber berita Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Tak Mendukung Reuni 212 : kumparan.com