Hati-hati! Uang Mainan Mirip Asli Bikin Pedagang Tertipu

Hati-hati! Uang Mainan Mirip Asli Bikin Pedagang Tertipu

Hati-hati! Uang Mainan Mirip Asli Bikin Pedagang Tertipu

Di beberapa daerah belakangan beredar uang mainan yang mirip sekali dengan aslinya. Saking miripnya, pedagang tertipu uang mainan yang tidak ada nilainya sama sekali itu.

Uang mainan ini dicetak dengan pecahan 100.000, 50.000, 20.000, 10.000, dan 5.000, desain terbaru. Ukurannya sama persis dengan uang aslinya, dan cetakannya sangat baik, tidak berbeda dengan terbitan Bank Indonesia.

Selain desain dan ukuran, jenis kertas yang digunakan juga hampir mirip dengan uang asli.

Uang mainan yang mirip asli.

Bedanya, ada tulisan “uang mainan” di tengah kertas, namun dicetak air, samar. Tulisan Bank Indonesia juga diganti dengan “Bank Mainan Kita”.

Perbedaan ini tidak terlalu mencolok, jika dilihat sekilas pasti tertipu. Hal ini terjadi pada seorang pedagang di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Aso Darso, pedagang jajanan anak di Tasik mengatakan kawannya tertipu uang mainan ini.

“Teman saya itu sudah tua, anak-anak bayar dengan uang mainan dia tidak tahu,” kata aso , Kamis (29/6).

Uang mainan yang mirip asli.

Aso mengatakan, anak-anak itu membayar dengan uang mainan pecahan 10.000 dan 5.000. Karena mengira asli, pedagang itu memberikan kembalian dengan uang asli.

Pedagang ini baru tahu itu uang mainan setelah kawannya memberitahu. “Dia langsung terkejut dan menangis, dia rugi,” ujar Aso lagi.

Uang mainan jenis ini juga beredar di Jakarta, biasa dijual di toko-toko mainan kecil. Seorang ibu di Jakarta, Ika, juga mengaku pangling dengan penampilan uang ini.

“Saya lihat ada uang 50.000 di atas kulkas. Saya sudah senang saja, lumayan, tapi setelah dilihat ternyata uang mainan,” kata Ika.

Uang mainan yang mirip asli.

 

Baca juga : Ramai-ramai Ucapkan Selamat dan Doa Ulang Tahun untuk Ahok

 

 

Sumber berita Hati-hati! Uang Mainan Mirip Asli Bikin Pedagang Tertipu : kumparan