Inilah Seputar Tujuan Kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam ke RI

Inilah Seputar Tujuan Kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam ke RI

Inilah Seputar Tujuan Kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam ke RI

Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong akan bertemu dengan Jokowi. Ada sejumlah hal yang perlu disimak terkait kunjungan ini.

Berikut data seputar rencana kunjungan Nguyen tersebut sebagaimana disampaikan dalam rilis pers resmi dari Kementerian Luar Negeri:

1. Otoritas tertinggi di Republik Sosialis Viet Nam yaitu Sekjen Partai Komunis Viet Nam (PKV), Y.M. Nguyen Phu Trong, akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia, tanggal 22-24 Agustus 2017.

2. Sekjen PKV juga akan mengadakan pertemuan dengan pimpinan MPR, DPR dan DPD. Selama di Indonesia, Sekjen PKV direncanakan pula untuk berbicara di forum bisnis dan akademis.

3. Republik Sosialis Viet Nam menganut sistem mono partai, dimana PKV adalah entitas politik tertinggi. Sekjen PKV adalah bagian integral dari eksistensi negara. Oleh sebab itu, Sekjen sebagai pemimpin tertinggi PKV memiliki kewenangan dan kekuasaan politik tertinggi, melampaui Presiden dan Perdana Menteri. 

4. Sebelumnya pada tanggal 14 September 2011, Perdana Menteri (PM) Vietnam/Member of Politbiro untuk PKV Nguyen Tan Dung melakukan Kunjungan Resmi ke Indonesia, kemudian pada tanggal 27 Juni 2013 Presiden Vietnam Truong Tan Sang dan Ibu Negara Mai Tinh Hanh melakukan Kunjungan Kenegaraan ke Indonesia. Presiden Truong Tan Sang pernah menjabat sebagai Executive Committee untuk PKV.

5. Dewasa ini Viet Nam adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi yaitu 6 persen pada 2016.

6. Angka perdagangan kedua negara mencapai 6,2 milyar dollar AS pada tahun 2016 dan ditargetkan mencapai 10 milyar dolar AS pada 2018. Indonesia menanamkan modalnya di Viet Nam pada sektor properti, semen, obat-obatan, makanan dan bahan-bahan kimia dengan total 2 milyar dolar AS pada tahun 2016.

7. Viet Nam adalah negara tetangga dan mitra strategis Indonesia dalam konteks bilateral dan ASEAN. Kedua negara menyadari pentingnya untuk menggali potensi kerja sama di segala bidang yang lebih menguntungkan dan berkesinambungan.

8. Kunjungan Sekjen Nguyen Phu Trong ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, utamanya peningkatan kerja sama di bidang Maritim dan Perikanan, Perdagangan dan Investasi serta Isu Kawasan.

9. Perlakuan kunjungan kenegaraan terhadap Sekjen PKV telah diberikan antara lain oleh oleh Singapura, Australia, Thailand, Italia, India, Jepang, dan Amerika Serikat.

Menlu Retno Marsudi

Sebelumnya juga Menlu Retno Marsudi menegaskan kedatangan Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong ke Indonesia murni karena urusan kenegaraan. Dia berharap masyarakat jangan sampai kebingungan dengan kedatangan Nguyen ini.

“Jadi kita harus menyampaikan informasi secara benar kepada masyarakat. Kita harus bicara dengan hati kita. Yang benar harus disampaikan secara benar. Sehingga masyarakat tidak mengalami kebingungan,” ujar Retno di Pusdiklat Kemlu di Kebayoran Baru, Minggu (20/8/2017).

“Dan ini kunjungan resmi, biasa, sebagaimana pimpinan dari megara lain. Jadi ini urusan negara, tidak ada urusan dengan ideologi,” ujar Retno.

Retno menjelaskan dalam sistem politik di Vietnam, Sekjen Partai Komunis memegang kekuasaan tertinggi. Jadi urusan dengan Sekjen Partai berkaitan dengan urusan negara Vietnam itu sendiri.

 

Baca juga : Menpora Malaysia Meminta Maaf, Soal Pelecehan Bendera Indonesia

 

 

Sumber berita Inilah Seputar Tujuan Kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam ke RI : detik