Isu Habib Rizieq di Balik Mutasi Kapolda Sumatera Utara

Isu Habib Rizieq di Balik Mutasi Kapolda Sumatera Utara

Isu Habib Rizieq di Balik Mutasi Kapolda Sumatera Utara

Irjen Rycko Amelza Dahniel yang menjadi Kapolda Sumatera Utara dimutasi. Rycko kini menempati posisi baru menjadi Gubernur Akpol. Posisi Rycko diisi Irjen Paulus Waterpauw. Mutasi Rycko tertuang dalam telegram Kapolri bernomor ST/VI/1408/2017 tertanggal 2 Juni 2017.

Mutasi di Polri sebenarnya hal yang biasa. Namun untuk mutasi Irjen Rycko, yang baru 9 bulan menjabat ini, ada isu lain yang menyeruak.

Kapolda Sumut ungkap kasus pembunuhan
Kapolda Sumut ungkap kasus pembunuhan

Rycko dikabarkan bersikap berlebihan saat aksi bela Islam di Medan, Sumut beberapa waktu lalu. Rycko kabarnya menyambut Habib Rizieq di bandara dan bahkan ikut dalam aksi.

Ketika aksi itu orasi Rycko bahkan menyebut Habib Rizieq sebagai imam besar umat Islam. Rizieq sendiri kini berada di Saudi dan ditetapkan tersangka atas kasus Pornografi.

Di beberapa akun di media sosial diunggah kiprah Rycko saat aksi bela Islam itu.

https://www.instagram.com/p/BU6U4ghhJLM/?taken-by=indonesiabertauhid

Muncul pertanyaan apa benar mutasi Rycko terkait dengan Habib Rizieq?

Wartawan pada Senin (5/6), mengonfirmasi soal ini ke As SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto.

Arief menepis isu dan rumors miring itu. Menurut dia, Rycko ditempatkan menjadi Gubernur Akpol memang untuk memebenahi Akpol pasca tewasnya seorang taruna. Figur Rycko dinilai cocok karena dia peraih Adhimakayasa di angkatannya Akpol ’88.

https://www.instagram.com/p/BU6NMxXh3gB/?taken-by=indonesiabertauhid

‘Ini wujud keseriusan Kapolri untuk membenahi Lemdik Polri terutama pembentukan Perwira,” jelas Arief.

Arief menyampaikan, agar seluruh Lembaga Pendidikan Perwira Polri seimbang dari dasar sampai pendidikan tertinggi, maka setiap jenjangnya dipimpin oleh perwira terbaik Polri.

Di Akpol ada Irjen Rycko yang merupakan lulusan terbaik Akpol 88, kemudian Gubernur PTIK Irjen Sigit Tri Harjanto merupan lulusan terbaik Sespim Polri 37. Lalu Kepala Sespim Polri dijabat Irjen Wahyu Indra Pramugari yang merupaka  ulusan terbaik Akpol 1984.

 

Sumber Berita Isu Habib Rizieq di Balik Mutasi Kapolda Sumatera Utara : Kumparan.com