Jadi Terharu, Selembar Surat dari Ahok Untuk Kakek Umur 90 Tahun

Jadi Terharu, Selembar Surat dari Ahok Untuk Kakek Umur 90 Tahun

Jadi Terharu, Selembar Surat dari Ahok Untuk Kakek Umur 90 Tahun

Perasaan kaget dan nyaris tak percaya sempat hinggap di benak Abdoel Moeis (90). Siang ini dia mendapatkan secarik surat dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Surat itu dituliskan Ahok dari balik jeruji Mako Brimob Kelapa Dua pada 31 Juli. Isinya adalah ucapan doa dan selamat ulang tahun ke-90 pada 9 September mendatang dari Ahok untuk Abdoel Moeis.

Ditemui dirumahnya di kawasan Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta, Abdoel Moeis berbagi cerita kepada kumparan perihal surat itu. Meski terduyun-duyun menggunakan alat bantu jalan untuk beranjak dari kamarnya ia terlihat antusias menceritakan surat dari Ahok.

“Ya enggak percaya dapat surat dari Pak Ahok,” ungkapnya, Rabu (9/8) malam.

Ahok dan Abdoel Moeis
Ahok dan Abdoel Moeis. (Foto: Jihad Akbar/kumparan)

Abdoel Moeis menjelaskan surat yang tadi siang diterima adalah balasan dari surat yang sebelumnya dia berikan untuk Ahok. Pada saat launching buku tentang Ahok, ia menitipkan secarik surat kepada istri Ahok, Veronica Tan.

“Em ini, mengenai nama jembatan susun (Simpang Susun Semanggi),” ungkapnya.

Abdoel Moeis mengungkapkan kekagumannya kepada Ahok mulai memuncak sewaktu pengumpulan KTP oleh teman Ahok. Ia memandang Ahok merupakan sosok pemimpin yang sesuai dengan harapannya, yakni jujur, tegas, berani, dan memenuhi janjinya.

“Saya Veteran. Jadi yang saya idam-idamkan setelah itu (kemerdekaan), negara kita ini dipimpin oleh orang-orang model seperti dia-dia lah, modelnya Pak Ali Sadikin, modelnya Pak Ahok,” kata Abdoel Moeis.

“Ya terasa, bahwa yang dia lakukan betul-betul bermanfaat buat masyarakat,” lanjutnya.

Ahok kirim surat untuk Abdoel Moeis
Ahok kirim surat untuk Abdoel Moeis (Foto: Jihad Akbar/kumparan)

Meski bukan relawan Ahok, sosok pejuang kemerdekaan ini hampir selalu menyempatkan diri untuk datang di acara Ahok. Meski, ia harus menggunakan kursi roda.

Keakraban dengan Ahok perlahan-lahan juga dirasakan Abdoel Moeis. Meski sebagai seorang pemimpin, ia menilai Ahok tak sungkan untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

Sebelum resmi ditahan atas perkara penodaan agama pada Selasa (9/5), Ahok sempat berkunjung ke rumah Abdoel Moeis. Ia pun menyambut kedatangan Ahok dengan memberikan kenang-kenangan berupa pigura berisikan kolase fotonya semasa mendukung Ahok di kampanye Pilgub DKI 2017.

“Memberikan kenang-kenangan, dan (Ahok) juga menayakan kesehatan saya. Ya saya kaget juga, bahwa saya itu bukan orang apa-apa ya. Dia mau datang ke rumah itu kan bagi saya bukan hal yang biasa dilakukan oleh seorang pimpinan, tapi dia enggak, dia mau datang ke rumah-rumah,” ungkapnya.

Surat dari Ahok
Surat dari Ahok. (Foto: Jihad Akbar/kumparan)

Ada harapan yang diinginkan Abdoel Moeis untuk Ahok. Dia mengharapkan agar Ahok segera bebas dan dapat mewujudkan ide-idenya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentunya dia bebas ya dari segala tuntutan. Dia diberi kesempatan untuk melaksanakan ide-idenya dalam hal membangun Indonesia. Kita sudah lihat contohnya bahwa apa yang dia laksanakan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar dia.

Tulisan dari Ahok untuk Adoel Moeis
Tulisan dari Ahok untuk Adoel Moeis. (Foto: Jihad Akbar/kumparan)

 

 

Sumber Berita Jadi Terharu, Selembar Surat dari Ahok Untuk Kakek Umur 90 Tahun : Kumparan.com