JK Bela Pansus Angket KPK yang Temui Koruptor di LP Sukamiskin

JK Bela Pansus Angket KPK yang Temui Koruptor di LP Sukamiskin

JK Bela Pansus Angket KPK yang Temui Koruptor di LP Sukamiskin

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kunjungan Panitia Khusus (pansus) Hak Angket KPK ke Lapas Sukamiskin, Bandung untuk menemui terpidana kasus korupsi adalah hal yang wajar.

JK melihat kedatangan pansus pada Kamis (6/7) ke Lapas Sukamiskin adalah salah satu upaya untuk mengevaluasi kinerja KPK. Terlebih, KPK yang berdiri 15 tahun yang lalu ini belum pernah dievaluasi.

“Pertama, hak angket itu ya hak dari DPR untuk mengevaluasi sesuatu. KPK sudah melalui 15 tahun. Ya tak ada salahnya kalau DPR yang membuat UU untuk KPK itu untuk mengevaluasi apa yang dia buat undang-undangnya,” kata JK kepada awak media di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

JK menilai tak ada yang salah dengan hal tersebut. JK meneruskan KPK tak perlu khawatir lembaganya akan dilemahkan.

“Enggak apa-apa. Itu kan tidak ada yang salah. Silakan aja. Jangan kalau KPK seperti khawatir. Ndak apa apa,” sambung JK.

Kunjungan Pansus Hak Angket ke Lapas Sukamiskin (Foto: Dok. Istimewa)

JK juga memahami sikap masyarakat yang begitu khawatir soal isu pelemahan terhadap KPK. Meski demikian, ia tetap menyerahkan segala urusan hak angket tersebut kepada pansus untuk mengevaluasi lembaga antirasuah tersebut.

“Masyarakat toh akan mempunyai tanggung jawab prinsip agar KPK diperkuat. Tapi ada hal-hal tertentu yang dievaluasi. Boleh pembuat undang undang atas undang undang yang dibuatnya (mengevaluasi). Itu wajar-wajar saja,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, Pansus Hak Angket KPK mengunjungi Lapas Sukamiskin. Kedatangannya berlangsung dalam rapat yang diadakan selama kurang lebih 8 jam.

Pansus mendengarkan pendapat dari beberapa narapidana korupsi seperti terpidana kasus suap hakim OC Kaligis, terpidana kasus suap proyek infrastruktur Putu Sudiartana, terpidana kasus suap anggota DPR, Rudi Rubiandini yang tertangkap ketika masih menjabat sebagai Kepala SKK Migas. Pansus juga menemui terpidana kasus suap penanganan perkara Akil Mochtar yang tertangkap saat menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

 

Baca juga : Pansus Angket Temui Koruptor, Mahfud MD: Dagelan dan Tidak Fair

 

 

Sumber berita JK Bela Pansus Angket KPK yang Temui Koruptor di LP Sukamiskin: kumparan