Jokowi: Harga Beras dan Daging di Indonesia Termasuk Termurah di Dunia

Jokowi: Harga Beras dan Daging di Indonesia Termasuk Termurah di Dunia

Jokowi: Harga Beras dan Daging di Indonesia Termasuk Termurah di Dunia

Presiden Joko Widodo menampik semua tudingan Prabowo Subianto yang menyebut harga beras dan daging di Indonesia termahal di dunia. Justru, sebaliknya, harga dua komoditas tersebut termasuk termurah di dunia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai menghadiri acara Sidang Tanwir Muhammadiyah di halaman Rumah Dinas Gubernur Bengkulu, Jumat (15/2).

“Coba dicek, di seluruh dunia, itu harga (daging dan beras) kita di seluruh dunia ada pada posisi yang seperti apa. Kita ini termasuk memiliki harga yang termurah di dunia. Baik itu yang namanya beras maupun yang namanya daging,” kata Jokowi.

Soal harga komoditas tersebut, Indonesia hanya kalah dari beberapa negara di Asia. “Kita itu mungkin hanya kalah murahnya jika dibandingkan dengan 1, 2, 3, 4, 5, 6 negara. Sri Lanka kita kalah murah, Bangladesh kita kalah murah. Kemudian mana lagi? Vietnam kita kalah. Tapi untuk yang lain-lain kita masih lebih murah,” imbuh Jokowi.

Soal pernyataan Prabowo ini pun telah dibantah oleh Kementrian Pertanian. Syukur Irwantoro, Seketaris Jenderal Kementrian Pertanian menyatakan bahwa harga beras Indonesia masih dalam batas wajar dibandingkan dengan beberapa negara lain yang ada di dunia.

Dilansir dari laman Numbeo, saat ini harga beras Indonesia menduduki peringkat 80 di dunia seharga USD 0,88 atau Rp 12 ribu per kilogram (kg). Harga ini masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia yang berada di peringkat 70 dengan harga beras USD 0,97 atau Rp 13.700 per kg, Singapura USD 1,91 atau setara Rp 27 ribu per kg, dan Thailand USD 1,2 per kg atau sekitar Rp 16 ribu per kg.

Numbeo merupakan suatu situs yang memberikan informasi terkini tentang kondisi kehidupan di dunia seperti biaya hidup, indikator perumahan, perawatan kesehatan, lalu lintas, kejahatan dan polusi.

Mau tahu negara mana sajakah yang menjadi negara dengan harga beras termahal di dunia? Berikut merupakan daftar peringkatnya berdasarkan Numbeo:

Berikut 10 Negara dengan Harga Beras Termahal di Dunia

1. Jepang – USD 4,23 atau Rp 59 ribu per kg

2. Amerik Serikat – USD 3,89 atau Rp 54 ribu per kg

3. Korea Selatan – USD 3,67 atau Rp 51 ribu per kg

4. Taiwan – USD 3,38 atau Rp 47 ribu per kg

5. Iran – USD 3,18 atau Rp 44 ribu per kg

6. Kanada – USD 2,97 atau Rp 41.900 per kg

7. Islandia – USD 2,92 atau Rp 41.200 per kg

8. Norwegia – USD 2,88 atau Rp 40 ribu per kg

9. Swiss – USD 2,69 atau Rp 38 ribu per kg.

10. Swedia – USD 2,51 atau Rp 35 ribu per kg.

 

 

Baca juga : Prabowo Ditantang Buktikan Anggaran Bocor, KPK: Laporkan, Nanti Didalami

 

 

Sumber berita Jokowi: Harga Beras dan Daging di Indonesia Termasuk Termurah di Dunia : faktanews