Jokowi Resmikan Proyek Rumah DP 1 Persen di Kalimantan Timur

Jokowi Resmikan Proyek Rumah DP 1 Persen di Kalimantan Timur

Jokowi Resmikan Proyek Rumah DP 1 Persen di Kalimantan Timur

Presiden Joko Widodo meresmikan proyek rumah dengan DP 1 persen di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/7). Proyek tersebut merupakan salah satu program satu juta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Ini perumahan yang disubsidi pemerintah, baik yang disubsidi uang muka maupun yang disubsidi bunga. Jadi ini rumah dengan DP 1 persen betul-betul,” kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Di perumahan bernama Pesona Bukit Batuah yang berlokasi di Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, ini sudah dibangun 500 unit rumah tapak dari total target sebanyak 4.000 unit.

“Harganya tadi saya tanyakan ke pembeli Rp.128-135 juta. Cicilannya tergantung kalau 10 tahun Rp.1,3 juta kira-kira, kalau 15 tahun Rp.1,050 juta, kalau 20 tahun Rp.780 ribuan. Ini per bulan, jadi untuk masyarakat saya kira subsidi yang kita berikan sangat membantu,” katanya.

Jokowi resmikan Perumahan Pesona Bukit Batuah
Jokowi resmikan Perumahan Pesona Bukit Batuah (Foto: Biro Pers Setpres)

Menurut Jokowi, program serupa juga akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. “Ini memang setiap tahun akan kita tambah terus tergantung kebutuhan lapangan,” ucapnya.

Untuk mengurangi adanya penyimpangan, Jokowi menegaskan akan dilakukan pengecekan yang menyeluruh kepada pembeli rumah tersebut agar penerimanya merupakan masyarakat yang memang membutuhkan.

“Dicek penerimanya siapa karena sekali lagi ini ada subsidi dari pemerintah jadi income mereka, pendapatan mereka semuanya dicek, kerja di mana, semuanya dicek, semuanya,” tegas Jokowi.

Jokowi resmikan Perumahan Pesona Bukit Batuah
Jokowi resmikan Perumahan Pesona Bukit Batuah (Foto: Biro Pers Setpres)

Terkait kualitas rumah yang dipertanyakan, Jokowi memastikan setiap unit yang dibangun layak huni. “Dengan harga seperti itu jangan bandingkan dengan rumah mewah, kan beda. Ini akan menjadi rumah tumbuh, bisa diperbaiki sendiri, bisa diperluas sendiri,” ujarnya.

Dalam proyek pengadaan rumah murah ini, pemerintah bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN). Hingga saat ini, BTN telah menyalurkan kredit perumahan sekitar 1,44 juta unit dengan nilai total Rp156 triliun.

 

 

Sumber Berita Jokowi Resmikan Proyek Rumah DP 1 Persen di Kalimantan Timur : Kumparan.com