Jokowi Undang CEO Bukalapak Achmad Zaky Ke Istana Merdeka

Jokowi Undang CEO Bukalapak Achmad Zaky Ke Istana Merdeka

Jokowi Undang CEO Bukalapak Achmad Zaky Ke Istana Merdeka

Presiden Jokowi pagi ini mengundang CEO Bukalapak Achmad Zaky ke Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Belum diketahui apa yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Namun kuat dugaan, Achmad Zaky diundang terkait cuitannya di Twitter beberapa hari lalu soal dana riset antara Indonesia dengan negara-negara lain. Menurut informasi, Sabtu (16/2), Jokowi akan menerima Zaky sekitar pukul 10.30 WIB.

kumparan kemudian melakukan konfirmasi ke pihak Bukalapak mengenai kabar pemanggilan Ahmad Zaky oleh Jokowi.

“Iya (diundang Jokowi ke istana),” kata salah seorang tim komunikasi Bukalapak.

Dalam tulisan di akun Twitternya, Zaky mengkritisi dana riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia yang disebut tertinggal jauh dari negara lainnya. Ia melampirkan data pada tahun 2016, di mana dana riset dan pengembangan di Indonesia hanya sebesar 2 miliar dolar AS, sementara negara lain seperti Singapura mencapai 10 miliar dolar AS.

“Omong kosong industri 4.0 kalau budget R&D negara kita kayak gini (2016,USD),” cuit Achmad Zaky di akun Twitternya, @achmadzaky, pada Rabu (13/2).

Achmad Zaky, CEO dan Pendiri Bukalapak. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan

Netizen kemudian memprotes pernyataan Zaky yang dianggap memihak capres Prabowo Subianto dan mulai meramaikan tagar #UninstallBukalapak. Zaky pun pun mengklarifikasi pernyataannya dan meminta maaf apabila perkataannya disalahartikan.

“Buat pendukung pak Jokowi, mohon maaf jika ada yang kurang sesuai kata-kata saya, jadi misperception. Saya kenal Pak Jokowi orang baik. Bahkan sudah saya anggap seperti Ayah sendiri (sama-sama orang Solo). Kemarin juga hadir di HUT kami. Tidak ada niat buruk tentunya dari tweet saya,” kicau Zaky.

Ia mengaku mengapresiasi perhatian warganet di Twitter soal isu riset dan pengembangan tersebut. Zaky menegaskan riset dan pengembangan adalah “single pembeda negara maju dan miskin.”

“Kalau engga kuat di R&D, kita akan perang harga terus. Negara maju masuk di perang inovasi. Negara miskin masuk di perang harga,” cuitnya.

 

Baca juga: USAI CUITAN PRESIDEN BARU, CEO BUKALAPAK MINTA MAAF KE PENDUKUNG JOKOWI

 

Sumber Berita Jokowi Undang CEO Bukalapak Achmad Zaky Ke Istana Merdeka: Kumparan.com