Kisah di Balik Aksi Jokowi Naik Motor Trail di Papua

Kisah di Balik Aksi Jokowi Naik Motor Trail di Papua

Kisah di Balik Aksi Jokowi Naik Motor Trail di Papua

Jalan yang ditinjau Jokowi adalah ruas Wamena-Mamugu 1 yang ada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

Jokowi mengenakan jaket berwarna hijau dengna emblem merah putih, memakai helm yang dipasangi kamera kecil sebangsa Go-Pro untuk merekam, dan bersepatu boat. Motor trail Kawasaki yang dikendarainya berpelat hitam RI-1.

Aksi Presiden Jokowi naik motor trail di proyek pembangunan Trans Papua menyita perhatian publik. Beratribut lengkap Jokowi bersama rombongan menyusuri medan terjal sepanjang 7 KM, Rabu (10/5) lalu.

Jokowi Tinjau Jalur Trans Papua
Jokowi tinjau Jalur Trans Papua dengan motor trail

Presiden Jokowi naik motor trail memang hal yang tidak biasa. Ada cerita kenapa akhirnya Jokowi memutuskan untuk meninjau proyek tersebut menggunakan motor trail dan mengendarainya sendiri.

Cerita itu disampaikan Jokowi saat menerima kunjungan para pimpinan media di Istana Negara, Rabu (17/5). Menurutnya foto yang beredar saat dia naik motor trail itu tidak segagah aslinya. Jokowi sempat hampir jatuh dua kali.

“Saya naik motor dua kali sempet melorot,” kata Jokowi sambil diiringi tawa.

“Mindahin dari gigi satu ke gigi dua kopling kan susah,” tambahnya. Jokowi juga mengaku sudah sangat lama tak membawa kendaraan sendiri, terutama motor.

Jokowi menjajal Jalan Trans Papua dengan trail
Jokowi menjajal Jalan Trans Papua dengan trail

Medan yang curam juga menjadi hambatan bagi Jokowi dan rombongan. Untungnya ada Paspampres yang selalu siaga membantu. Selain itu ada juga pengamanan ketat dari TNI setiap jarak 20 meter.

Jokowi mengungkapkan alasannya mengendarai motor trail saat meninjau pembangunan proyek. Dia ingin merasakan bagaimana susahnya membangun di kawasan Papua yang terkenal susah medannya.

“Saya ingin merasakan bagaimana beratnya pekerjaan di sana, membuat jalur TransPapua,” ungkap Jokowi.

Papua dengan medannya yang begitu sulit memang menjadi hambatan sekaligus tantangan tersendiri dalam membangun infrastruktur di sana. Oleh karenanya, untuk mengupayakan percepatan pembangunan jalan Trans Papua, Kementerian Pekerjaan Umum bekerja sama dengan pihak TNI di awal pembangunan.

 

Sumber Berita Kisah di Balik Aksi Jokowi Naik Motor Trail di Papua : Kumparan.com