Komentar Pedas Faisal Basri Terkait Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi

Komentar Pedas Faisal Basri Terkait Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi

Komentar Pedas Faisal Basri Terkait Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi menjadi Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Anies dan Sandiaga dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara setelah memenangi Pilgub DKI.

Sederet janji kampanye pun diharapkan dapat direalisasikan. Mulai dari lapangan kerja baru, menstabilkan harga kebutuhan pokok, hingga program DP nol rupiah.

Ekonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Faisal Basri mengungkapkan untuk memberikan waktu Anies dan Sandi untuk bekerja terlebih dahulu di masa awal jabatannya. Ia juga mengatakan bahwa tidak semua janji kampanye bisa diwujudkan.

Image result for Faisal Basri

Ekonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Faisal Basri

“Berilah waktu untuk bekerja dulu. Janji kampanye itu tidak semua berdasarkan pada rasional, jadi di mana pun tidak hanya di Indonesia,” jelas Faisal di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta Timur, Senin (16/10/2017).

Mengenai uang muka atau DP nol rupiah, Faisal mengungkapkan jika pembeli rumah dibebaskan dari uang muka, maka cicilan tiap bulannya akan meningkat untuk menutupi ruang uang muka tersebut.

“Kalau bank DP nol persen cicilan tambah tinggi,” tutur Faisal.

Image result for Faisal Basri

Ekonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Faisal Basri

Mengenai janji untuk mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok di Jakarta, Faisal mengatakan kemungkinan ini sulit untuk direalisasikan. Akan tetapi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa saja melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) lain untuk memasok bahan pangan secara langsung.

“Kerja sama misalnya dengan pemerintah daerah atau di mana gitu untuk misalnya memotong mata rantai,” tutur Faisal.

Pemberian bantuan melalui kartu juga harus diintegrasikan di dalam satu kartu. Pasalnya terlalu banyak kartu membuat penyaluran kurang efisien.

“Orang Indonesia sudah banyak sekali kartu, ada kartu beras, kartu pintar, kartu miskin, kartu pupuk mau dibikin. Tugas Pemda dan pemerintah pusat integrasikan ini semua dalam satu kartu di wallet ini,” tutup Faisal.

 

Sumber Berita Komentar Pedas Faisal Basri Terkait Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi : Beraninews.com