Korban Tsunami Selat Sunda Terbaru, 168 Orang Meninggal, 745 Terluka

Korban Tsunami Selat Sunda Terbaru, 168 Orang Meninggal, 745 Terluka

Korban Tsunami Selat Sunda Terbaru, 168 Orang Meninggal, 745 Terluka

Korban tsunami Selat Sunda yang menerjang Banten dan Lampung terus bertambah. Hingga saat ini, jumlah korban tercatat mencapai 168 orang.

“Hingga Minggu, 23 Desember 2018, pukul 13.00 WIB, total jumlah korban meninggal 168 orang meninggal dunia,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Kantor BPBD Yogyakarta, Minggu (23/12/2018).

Sebanyak 745 orang terluka dan 30 orang lainnya hilang. Korban meninggal paling banyak di Pandeglang.

Akibat tsunami, hotel dan rumah-rumah roboh. Kerusakan tidak hanya terjadi di Banten melainkan juga di Lampung Selatan.

Tsunami ini menerjang pada Sabtu (22/12) dan diduga akibat aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau. PVMBG masih mendalami kaitan antara letusan gunung dan tsunami.

Warga di Carita – Pandeglang berlarian ke dataran tinggi

Sementara itu tadi siang petugas polisi meminta warga di Carita, Pandeglang untuk naik ke atas bukit. Seorang petugas polisi menyatakan permintaan untuk membawa warga ke bukit itu karena adanya sirene detektor tsunami sedangkan BMKG memastikan tak ada hal yang signifikan di laut. Suara sirene itu pun tengah diselidiki.

“Yang pasti dari kami tidak mendeteksi sensor yang di sekitar selat Sunda. Itu bukan suara sirene dari kami,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam konferensi pers di kantornya, Minggu (23/12/2018).

“Kita sedang kroscek, apakah BPBD membunyikan atau ada kemungkinan lain,” ujar Rahmat.

Diberitakan sebelumnya, siang ini, petugas polisi meminta warga di pantai Carita untuk pergi ke dataran tinggi. Dalam melakukan evakuasi, petugas polisi menggunakan sirene dari mobil. Seorang petugas polisi mengatakan, sirene untuk evakuasi itu dibunyikan karena adanya informasi bahwa ada detektor awal gelombang tsunami.

 

 

Baca juga : Korban Tsunami Banten Terbaru, 62 Orang Tewas, 584 Luka, 20 Hilang

 

 

Sumber berita Korban Tsunami Selat Sunda Terbaru, 168 Orang Meninggal, 745 Terluka : detik