Manusia Tertua Mbah Gotho Asal Sragen Telah Wafat

Manusia Tertua Mbah Gotho Asal Sragen Telah Wafat

Manusia Tertua Mbah Gotho Asal Sragen Telah Wafat

Ada-ada saja tingkah Sodimedjo alias Mbah Gotho, manusia tertua asal Sragen, saat berhubungan dengan medis. Tak hanya ngotot pulang saat perawatannya belum selesai, Mbah Gotho juga sempat ngambek saat diperiksa seorang dokter dari Amerika Serikat (AS).

“Mereka memberitahu kalau datang tanggal 8 April 2017 tapi sampe sini tanggal 9 April 2017. Pemeriksaan tiga hari dilakukan satu dokter dan satu penerjemah,” kata Suryanto,

Saat dokter itu datang, Mbah Gotho dites darah, pemeriksaan urine dan tes DNA. Tes itu dilakukan sebagai bagian untuk menentukan apakah Mbah Gotho memang manusia tertua di dunia

Dokter itu sempat bilang sama Pak Lurah, kalau nggak percaya dengan umur Mbah Gotho. Kemudian simbah diperiksa jantungnya dan disuntik. Pas disuntik ini, dokter ngomong kulitnya keras mengerak. Baru percaya dokternya dan bilang kalau simbah itu unik,” kata Suryanto.

Mbah Gotho dirawat di kamar nomor X bangsal Wijayakusuma RSUD Soehadi Prijon‎egoro, Sragen sejak Rabu, 12 April 2017. Ia dirawat karena mengalami melena karena kurangnya asupan makanan.

Suwarni menjelaskan, selama dirawat di rumah sakit, Mbah Gotho menghabiskan tujuh kantong darah golongan O. Lelaki yang gemar merokok itu ditransfusi darah lantaran kondisinya menurun.

“Karena terus-terusan disuntik, tingkah gerakan Mbah Gotho nggak karuan. Ia merasa kesakitan saat disuntik. Ya, mungkin sudah tua. Ia pun meminta pokoke bali, urip mati neng omah (pokoknya harus pulang, hidup mati di rumah),” kata Suwarni.

Cerita menarik lainnya adalah saat dokter asing itu menunggu Mbah Gotho untuk buang air kecil sebagai bagian dari tes urine. Dokter itu harus menunggu Mbah Gotho buang air kecil sekitar enam jam.

“Dari jam 3 sore sampe jam 9 malam itu nggak pipis. Lalu setelah mereka pulang, sekitar jam 10 malam, Mbah Gotho baru bisa pipis,” ujar Suryanto.

Sodimejo alias Mbah Gotho, lelaki asal Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah, yang diduga sebagai manusia tertua tutup usia. Mbah Gotho meninggal pada Minggu sore tadi.

“Mbah Gotho meninggal tadi sekitar pukul 17.45 WIB,” ucap Suryanto, cucu Mbah Gotho, Minggu (30/4/2017) malam.‎

Suryanto menjelaskan sejak enam hari terakhir, kakeknya sudah tidak mau makan. Jika disuapi, pasti Mbah Gotho bilang akan ambil makan sendiri jika memang ingin makan.

“Simbah enggak mau makan sejak enam hari ini. Dikasih makan sedikit juga pasti (hanya) diusap,” ujar Suryanto.

Suryanto menjelaskan, sekalipun kakeknya tidak mau makan, tapi masih bisa berkomunikasi.

“Simbah dimakamkan besok Senin (1 Mei 2017), pukul 11.00 WIB,” ujar dia.

Mbah Gotho pada Rabu, 12 April 2017, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soehadi Prijonegoro, Sragen. Lelaki yang diduga berusia 146 tahun itu memaksa pulang dari rumah sakit pada Senin, 18 April 2017.

https://youtu.be/wBm95XG170w

 

Sumber Berita Manusia Tertua Mbah Gotho Asal Sragen Telah Wafat : Liputan6.com