Musibah Tanah Longsor Terjang Kolombia 200 Orang Tewas

Musibah Tanah Longsor Terjang Kolombia 200 Orang Tewas

Musibah Tanah Longsor Terjang Kolombia 200 Orang Tewas

Tanah longsor yang melanda wilayah selatan Kolombia mengakibatkan setidaknya 206 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Bencana ini merupakan yang terakhir dari serangkaian tanah longsor yang melanda kawasan sisi Pasifik negeri Amerika Selatan ini dalam beberapa bulan terakhir.

Bencana serupa juga sebelumnya terjadi di Peru dan Ekuador yang telah mengakibatkan sejumlah warga kehilangan nyawa dan banyak juga yang terluka serta kehilangan tempat tinggal.

Di kota Mocoa, kota berpenduduk 40.000 di wilayah barat daya Kolombia, tanah longsor menyapu rumah penduduk, jembatan, kendaraan, dan pepohonan.

Sisa-sisa batang pohon bercampur lumpur yang menerjang pada Jumat (31/3/2017) malam, terlihat menutupi kawasan tersebut.

“Informasi terakhir yang kami terima, sebanyak 206 orang tewas, 202 terluka, 220 hilng, dan 17 permukiman hancur,” kata kepala Palang Merah Kolombia, Cesar Uruena.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, Sabtu (1/4/2017), langsung mengunjungi Mocoa, ibu kota provinsi Putumayo, untuk memimpin langsung upaya penyelamatan warga kota yang terletak di tengah hutan itu.

“Sekitar 130 milimeter hujan jatuh pada Jumat malam. Itu berarti 30 persen curah hujan sebulan diturunkan dalam semalam yang juga meningkatkan permukaan sungai,” ujar Santos.

Santos kemudian mengumumkan keadaan darurat untuk mempercepat upaya penyelamatan dan pengiriman bantuan.

https://www.youtube.com/watch?v=Kp1m0awYmbU

 

 

Dapat kan berita-berita selain Musibah Tanah Longsor Terjang Kolombia 200 Orang Tewas : selalu di berita168.com , berita-berita terkini dan terfavorit