Nazaruddin Mengatakan Semua Fraksi di DPR Dapat Jatah Uang e-KTP

Nazaruddin Mengatakan Semua Fraksi di DPR Dapat Jatah Uang e-KTP

Nazaruddin Mengatakan Semua Fraksi di DPR Dapat Jatah Uang e-KTP

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD), M Nazaruddin, mengatakan bahwa seluruh fraksi partai politik di DPR turut menikmati aliran uang e-KTP. Menurutnya, setiap ketua fraksi menerima uang dengan nilai yang berbeda antara satu fraksi dengan fraksi lainnya.

Nazaruddin menyebut mendapatkan keterangan tersebut dari pengusaha yang menjadi terdakwa e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong. Selain ketua fraksi, jatah proyek e-KTP juga diberikan kepada pimpinan Badan Anggaran dan anggota Komisi II DPR.

“Betul, Yang Mulia, waktu itu dijelaskan Andi di ruangan Ketua Fraksi (Partai Demokrat-Red) Mas Anas,” ujar M Nazaruddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (19/2).

Namun politikus Partai Demokrat itu mengaku tak begitu ingat berapa jumlah ketua Fraksi di DPR yang menerima uang terkait e-KTP. Diketahui ketika proyek e-KTP bergulir saat itu ada sekitar sembilan fraksi yang duduk di DPR yaitu Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra, dan Hanura.

Dari keterangan almarhumah Mustokoweni dan terdakwa Andi Aguatinus, Nazaruddin pun memastikan soal sejumlah uang telah diterima oleh ketua fraksi.

“Menurut laporan dari Bu Mustokoweni sama si Andi Narogong semua sudah dikasih. Termasuk Fraksi Demokrat,” ujar dia.

Nazaruddin dalam sidang kasus e-KTP

Nazaruddin menuturkan, untuk Fraksi Demokrat menerima uang sebesar 1 juta dolar AS yang diberikan lewat politikus Demokrat, Mirwan Amir, yang saat itu duduk sebagai wakil ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Menurut Nazar, uang tersebut lalu diserahkan Mirwan Amir kepadanya, yang ketika itu masih menjabat sebagai Bendahara Fraksi Demokrat. Namun, kata Nazaruddin, dirinya hanya menerima sebesar 500 ribu dolar.

“Waktu itu dibawa Pak Mirwan Amir 1 juta dolar, diserahkan ke fraksi itu 500 ribu dolar. Dan 500 ribu dolar (sisanya) waktu itu ada kebutuhan saya lupa,” ucap Nazar.

“Waktu itu yang dikasih 1 juta dolar, tapi yang diserahkan, di Fraksi Demokrat itu ada brankasnya, yang dimasukkan ke brankas 500 ribu dolar. Terus ada penerimaan selanjutnya, saya lupa rinciannya,” sambung dia.

Mantan kader Demokrat itu kembali menegaskan bahwa setiap ketua fraksi menerima besaran yang berbeda soal jatah untuk ketua fraksi di DPR. Yang pasti, kata Nazaruddin, seluruh jatah ketua fraksi telah disalurkan.

“Beda (besaran jatah ketua fraksi), saya lupa, Yang Mulia, tapi semuanya dapat,” kata Nazaruddin.

 

 

Baca juga : Nazaruddin Klaim Punya Bukti Jadikan Fahri Hamzah Tersangka KPK

 

 

Sumber berita Nazaruddin Mengatakan Semua Fraksi di DPR Dapat Jatah Uang e-KTP : kumparan.com