Operet Aku Anak Rusun Idenya Veronica Akhirnya Terwujud

Operet Aku Anak Rusun Idenya Veronica Akhirnya Terwujud

Operet Aku Anak Rusun Idenya Veronica Akhirnya Terwujud

Operet ‘Aku Anak Rusun’ berjudul ‘Ada Gulali di Hatiku’ baru selesai digelar di Ballroom Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Operet itu digagas oleh istri Mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan.

“Akhirnya selesai anak-anak rusun bisa tampil malam hari ini. Terima kasih Pak Djarot dan Bu Happy,” ucap Vero memberi ucapan di akhir operet, Kamis (21/9).

Hadir dalam acara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat dan Happy Djarot, konduktor musik Addie MS, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, artis Titiek Puspa, dan pengusaha Indonesia Ciputra.

Djarot di Opera Anak
Djarot di Opera Anak (Foto: Wahyuni Sahara/kumparan)

Vero bercerita, ide menggeler operet itu tercetus dua tahun lalu saat HUT DKI di Monas. Saat itu Vero bicara dengan Happy Djarot mencetuskan ide untuk melatih anak-anak yang tinggal di rusun menari dan bernyanyi, dan menampilkannya di Monas.

“Kasih lihat kita ke semua tampilan musikal cerita tentang kebersamaan dan keberagaman,” ujarnya.

“Dalam drama musikal ini saya bicara anak-anak ada yang berantem enggak. Saya bilang harus cepet baikan. Dalam acara ini enggak ada yang menonjolkan diri,” imbuh Vero.

Di tengah upaya melatih anak-anak rusun itu, artis Titiek Puspa datang menemui Vero membawakan CD lagi-lagu anak Indonesia. CD itu diminta agar disebar di sekolah-sekolah bahkan diminta diberikan ke Iriana Jokowi. Tujuannya sama agar anak-anak mengenal lagu anak.

Opera Anak
Opera Anak. (Foto: Wahyuni Sahara/kumparan)

“Saya lihat anak-anak sekarang lebih terkenal lebih suka bawa lagu barat daripada lagu kita. Itulah yang menginspirasi kami,” ucap Vero.

“Kenapa di rusun? Saya kira saat di rusun, anak lumayan banyak sekali. Disuruh KB enggak mau, di rusun 4 5 ditanya happy pula. Rusun kita dibantu banyak yayasan. Susah mengurus tapi excited, senang,” imbuh Vero.

Dalam kesempatan itu, Vero menyampaikan permohonan maaf kepada Menteri Yohana Yembise yang mendadak diundang operet anak rusun. Namun ternyata Yohana bersedia hadir.

“Saya telepon satu hari sebelum hari acara. Saya rasa Ibu perlu melihat acara anak anak ini. Terima kasih Ibu Bapak,” tutup Vero disambut tepuk tangan.

Veronica dan Putrinya Bermain Musik di Operet Anak Rusun

Istri Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan, mempersembahkan penampilan spesial dalam drama musikal Operet Aku Anak Rusun dengan tema ‘Ada Gulali di Hatiku’ yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater, Kamis (21/9).

Penampilan spesial itu adalah kepiawaiannya bermain Cello. Vero tak sendiri bermain alat musik. Anak keduanya, Nathania, yang bermain biola ikut mendampingi.

Mereka memainkan dua buah lagu. Pertama, memainkan lagu yang berjudul kebyar-kebyar. Kedua, lagu nasional Indonesia yang berjudul Ibu Pertiwi.

Veronica Tan Latihan Musik
Veronica Tan Latihan Musik (Foto: Wandha Hidayat/kumparan)

Raut wajah Vero sangat serius saat memainkan Cello. Sesekali putrinya tersenyum kepadanya. Di akhir aksi keduanya, mereka mendapatkan tepuk tangan meriah dari seluruh para hadirin.

Tampak hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, konduktor musik Addie MS, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, artis Titiek Puspa, dan pengusaha Indonesia Ciputra.

Drama musikal yang diperankan sebanyak 151 anak rusun ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi DKI memfasilitasi kreativitas anak-anak yang tinggal di rumah susun.

Acara yang digagas oleh Veronica dan Happy Djarot Vero tersebut mengangkat sebuah kisah persahabatan mengenai keragaman suku budaya di Indonesia. Sementara tema ‘Ada Gulali di Hatiku’ dalam drama musikal itu, merupakan simbol dari keragaman suku dan budaya anak-anak yang tinggal di rumah susun. Perbedaan tersebut membuat persahabatan mereka semanis gulali.

 

Sumber Berita Operet Aku Anak Rusun Idenya Veronica Akhirnya Terwujud : Kumparan.com