Panglima-Kapolri-Wiranto Melakukan Salam Komando

Panglima-Kapolri-Wiranto Melakukan Salam Komando

Panglima-Kapolri-Wiranto Melakukan Salam Komando

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Menko Polhukam Wiranto menunjukkan kekompakannya di hadapan publik. Ketiga sempat melakukan ‘salam komando’ usai membahas soal polemik pengadaan senjata.

Hal itu terjadi usai Wiranto memberikan keterangan kepada wartawan tentang polemik pembelian senjata, usai dirinya mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017). Wiranto menegaskan, persoalan pembelian senjata itu tak akan mengganggu keamanan nasional.

Hasil gambar untuk Wiranto upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017)
Menko Polhukam Wiranto

“Satu hal, bahwa tidak ada satu hal yang menyebabkan gangguan keamanan nasional, itu dulu saya jamin, peristiwa ini, jadi yang saya jamin adalah bahwa masalah internal ini kita selesaikan dan tidak menganggu keamanan nasional,” kata Wiranto

Dikatakan Wiranto, memang ada kebutuhan untuk mengimpor senjata tersebut. “Kalau kita nggak produksi ya kita impor. Tapi yang bagaimana, untuk siapa, dananya dari mana, undang-undangnya bagaimana, kita semua sesuaikan. Tapi nggak perlu kita bicarakan di publik,” kata Jokowi.

Selain itu, Wiranto menegaskan perihal pembelian senjata itu tak akan ganggu stabilitas antar instansi, yakni TNI dan Polri. Dia mengatakan, tugas dialah sebagai Menko Polhukam yang akan mengkoordinasikan antar lembaga tersebut.

Hasil gambar untuk Wiranto upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017)
Menko Polhukam Wiranto

“Tidak menganggu, tentara dan polisi atau militer dan polisi ini kan dulu satu, waktu saya panglima ABRI dulu, kita pisahkan biar polisi profesionalitasnya ke arah Kamtibmas, pelindung dan pengayom masyarakat. TNI masuk ke wilayah di mana dia mencari, mendekati, kita pisahkan. Karakter senjatanya juga beda. Nah ini kita tertibkan, kita koordinasikan,” jelasnya.

“Di masa-masa lalu memang polisi masih punya Brimob yang dilibatkan operasi tempur sekarang tidak lagi. Jadi ini nggak sederhana tapi kita selesaikan, tapi nggak ganggu keamanan nasional, kita jamin. Nanti dilarikan ke wah masalahnya bagaimana, nggak ada. Sudah, stop,” tambahnya.

Sebagai penutup pernyataannya ini, atas permintaan wartawan, Wiranto mengajak Gatot Nurmantyo dan Tito Karnavian yang mengenakan pakaian dinas masing-masing untuk salam komando. Ketiga tangan pria tersebut menyatu saling mengepal. Senyum juga mereka dari masing-masing wajah petinggi keamanan negeri ini.

(Baca juga : WIRANTO: PENYELESAIAN SECARA YURIDIS SOAL G30S/PKI TAK MUNGKIN BISA)

 

Sumber Berita Panglima-Kapolri-Wiranto Melakukan Salam Komando : Detik.com