Pansus Angket Kunjungi Napi Korupsi, Eks Ketua KPK Sebut Apa Gunanya?

Pansus Angket Kunjungi Napi Korupsi, Eks Ketua KPK Sebut Apa Gunanya?

Pansus Angket Kunjungi Napi Korupsi, Eks Ketua KPK Sebut Apa Gunanya?

Kunjungan Pansus Hak Angket KPK ke Lapas Sukamiskin menemui narapidana kasus korupsi menuai kritikan. Mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki menyebut Pansus tersebut telah merendahkan peradilan.

“Apa sih gunanya harus sampai ke Sukamiskin dan Pondok Bambu? Proses mereka itu sudah yang benar lewat banding dan lewat kasasi. Dan bahkan ada yang peninjauan kembali. Apakah ini upaya-upaya politik itu harus sampai itu? Secara pribadi ini adalah contempt of court. Itu bukan hanya KPK, tapi lewat pengadilan tingkat 1, 2 dan bahkan sampai MA,” ujar Taufiequrachman Ruki di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2017).

Image result for Mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki
Mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki

Mewakili jajaran eks pimpinan lainnya, Ruki meminta DPR agar menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. Mengingat KPK adalah anak kandung reformasi yang tidak seharusnya dihambat dan dideligitimasi kehadirannya.

Bila perlu, masyarakat selain memberi dukungan, juga mengawal tugas KPK dalam pemberantasan korupsi.

Image result for Kunjungan Pansus Hak Angket KPK ke Lapas Sukamiskin
Kunjungan Pansus Hak Angket KPK ke Lapas Sukamiskin

“Kalau nggak benar ajukan ke pengadilan, minta dipecat kalau perlu. Tapi jangan lembaganya mau diamputasi seperti ini,” kata Ruki.

“Demikian bentuk keprihatinan kami sebagai anak-anak bangsa juga. Saya juga 8 tahun di DPR, tahu apa hak dan kewajiban DPR dalam melakukan pemberantasan korupsi,” ungkapnya mengimbuhkan.

Dalam pernyataan dukungan eks pimpinan KPK hari ini turut hadir mantan Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean, serta mantan Wakil Ketua KPK Zulkarnain, Adnan Pandu Praja, dan Chandra M Hamzah. Ada pula mantan Deputi Penindakan KPK Ade Rahardja, mantan Deputi Pencegahan KPK Erry Riyana Hardjapamekas, juga Eko Soesamto Tjiptadi.

(Baca juga : PANSUS ANGKET TEMUI KORUPTOR, MAHFUD MD: DAGELAN DAN TIDAK FAIR)

 

Sumber Berita Pansus Angket Kunjungi Napi Korupsi, Eks Ketua KPK Sebut Apa Gunanya? : Detik.com