Pemerintah Bayar Lunas, Kini 51% Saham Freeport Jadi Pendapatan RI

Pemerintah Bayar Lunas, Kini 51% Saham Freeport Jadi Pendapatan RI

Pemerintah Bayar Lunas, Kini 51% Saham Freeport Jadi Pendapatan RI

Setelah lama menjadi minoritas dalam kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia, kini pemerintah melalui PT Inalum (Persero) membayar lunas penantian lama tersebut.

PT Inalum (Persero) resmi membeli sebagian saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Dengan demikian, kepemilikan saham Indonesia atas PTFI meningkat dari 9% menjadi 51%.

Indonesia akhirnya menguasai 51,2% saham perusahaan tambang besar asal Amerika Serikat (AS) tersebut, dari sebelumnya hanya menguasai sebesar 9,36%. Inalum membayar US$ 3,85 miliar atau Rp 56 triliun untuk mengakuisisi 51% saham tersebut.

Pengambilalihan saham Freeport pun diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Hadir dalam pengumuman ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson.

“Saya baru saja menerima laporan dari seluruh menteri terkait, dari Dirut Inalum dan dari CEO dan dirut PT Freeport McMoRan, disampaikan bahwa saham PT Freeport sudah 51,2% sudah beralih ke PT Inalum dan sudah lunas dibayar,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kesempatan tersebut.

Sebelumnya, Jokowi memastikan proses transaksi divestasi saham PT Freepor Indonesia (PTFI) berjalan lancar. Dia yakin proses transaksi bisa selesai tahun ini.

“Dalam proses. (Tahun ini) rampung. Ya kan sudah yang jelas sudah HoA sudah Sale and Purchase Agreement juga sudah, ya nanti tinggal bayarnya saja,” ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Jokowi juga menegaskan bahwa dana untuk mengambil alih saham PTFI. Uang itu kini sudah ada di Inalum.

“Tanyakan ke Menteri, duitnya sudah ada,” tegasnya.

 

 

Baca juga : Sah! Pemerintah Pusat Berikan Papua 10 Persen Saham Freeport

 

 

Sumber berita Pemerintah Bayar Lunas, Kini 51% Saham Freeport Jadi Pendapatan RI : detik.com