Pencatatan Aset Amburadul, Sandi Mengatakan Anies akan Terbitkan Ingub

Pencatatan Aset Amburadul, Sandi Mengatakan Anies akan Terbitkan Ingub

Pencatatan Aset Amburadul, Sandi Mengatakan Anies akan Terbitkan Ingub

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyoroti aset Pemprov DKI Jakarta senilai Rp 421 triliun. Aset-aset tersebut disoroti karena pencatatannya tumpang tindih.

Mensiasati hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan dibuat Instruksi Gubernur (Ingub). Ingub tersebut akan mengatur metode pencatatan aset-aset Pemprov DKI.

“Jadi tadi kami lagi merumuskan Ingub untuk memberikan payung kepada Pak Firdaus di BPAD (Badan Pengelola Aset Daerah) agar kami bisa menyetujui yang berkaitan dengan klasifikasi dan pencatatan daripada aset-aset tersebut,” kata Sandiaga, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Sandiaga menuturkan Pemprov DKI Jakarta selama ini tidak memiliki tata cara pencatatan aset. Contoh, ada tiga sekolah yang hanya menggunakan satu bangunan.

Namun, karena belum ada metodelogi yang baku, setiap sekolah dimaksud tercatat memiliki aset berupa bangunan. Padahal, bangunan yang digunakan hanya satu.

“Jadi Ingub ini kami khususkan untuk menyepakati metodelogi. Tadi kan ada pertanyaan, kok ada sekolah nilai asetnya 0 atau 1. Ternyata karena inputannya, ada SMP pagi dan sore. (Seharusnya) karena kalau pagi sudah tercatat, yang sore dianggap 0, begitu. Jadi asetnya sama, objeknya sama,” papar Sandiaga.

Sandiaga melanjutkan saat ini Ingub tersebut sedang dalam penyusunan. Harapannya, Ingub tersebut sudah rampung dan diajukan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Jumat (5/1) besok.

“Jadi Ingub tersebut akan disusun dan Kamis dipersiapkan final draftnya. Jumat saya bawa sendiri, saya tenteng sendiri ke Pak Gubernur mudah-mudahan Senin (8/1) sudah bisa difinalkan,” terang Sandiaga.

Soal pencatatan aset ini memang menjadi salah satu temuan BPK. Karena masalah tersebut laporan keuangan Pemprov DKI tahun anggaran 2016 mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

 

Sumber Berita Pencatatan Aset Amburadul, Sandi Mengatakan Anies akan Terbitkan Ingub : Detik.com