Pengacara Sebut Novanto Sempat Pulang, KPK Hanya Bawa CCTV Setnov

Pengacara Sebut Novanto Sempat Pulang, KPK Hanya Bawa CCTV Setnov

Pengacara Sebut Novanto Sempat Pulang, KPK Hanya Bawa CCTV Setnov

Sejumlah penyidik KPK pada Rabu (15/11) malam mendatangi kediaman Ketua DPR Setya Novanto dengan maksud menjemput paksa tersangka kasus korupsi e-KTP tersebut. Namun penyidik yang tiba sekitar pukul 21.00 WIB tak berhasil menemuinya.

Kuasa hukum Novanto yakni Fredrich Yunadi mengatakan, Novanto sempat pulang ke kediamannya di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan tersebut. Namun setelah itu Novanto ditelepon dan dijemput oleh seseorang, dan akhirnya meninggalkan rumah.

“Memang ketika beliau itu pulang (ke rumah) dapat telepon dari mana, suruh ketemu sesuatu orang, saya juga enggak tahu,” ujar Fredrich usai penggeledahan kediaman Novanto, Kamis (16/11).

Fredirich mendapat informasi tersebut dari seorang ajudan Novanto, bahwa Novanto sempat pulang ke rumah, dan dijemput oleh seseorang.

“Saya tanya ajudan, bapak pergi, dijemput oleh tamu. Informasinya ke sini (pulang ke rumah), lalu beliau ganti baju atau bagaimana, saya enggak tahu,” jelas Fredrich.

Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi

Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi (Foto: Aria Pradana/kumparan)

Fredich memang sudah memiliki jadwal untuk bertemu Novanto pada Rabu (15/11) malam, dan mereka sudah berjanji untuk bertemu sejak di gedung DPR pada Rabu (15/11) siang. Namun, dalam perjalanan ke kediaman Novanto dengan maksud untuk memastikan kedatangannya sekitar pukul 18.30 WIB, HP milik ajudan Novanto tidak diangkat.

“Beliau itu sejak saya tiba di sini, sebelum saya tiba di sini di perjalanan, beliau sudah enggak mengangkat telepon, ajudannya bukan beliau, enggak diangkat. Mungkin sekitar pukul 18.30 WIB. Saya tanya (ke petugas keamanan rumah Novanto), bapak pergi? ya pergi.Ttapi kok ajudannya enggak angkat telepon ya? tapi bapak pesan suruh tunggu saja sebentar. Saya tunggu, malah disiapkan makanan,” jelas dia.

Meski keberadaan Novanto masih menjadi tanda tanya besar, Fredrich memastikan bahwa kliennya tersebut tak akan melarikan diri. Sebab menurutnya, Novanto sangat patuh dengan perintah dan aturan.

“Tapi yang jelas saya kasih tahu, beliau itu bukan sembunyi, saya persilakan cari sampai ke bawah kolong, cari sono. Saya datang ke sini sampai baju saja saya belum ganti karena apa? karena saya tahu beliau itu sangat patuh. Nah, dengan beliau tidak bisa dihubungi, pasti terjadi sesuatu,” kata Fredrich.

“Saya yakin beliau 100 persen di Jakarta, karena beliau bukan pengecut. Tapi beliau tidak ikhlas diperkosa,” pungkasnya.

Pengacara Sebut Penyidik KPK Hanya Bawa CCTV dari Kediaman Novanto

Kuasa hukum Setya Novanto yakni Fredrich Yunadi, memberikan penjelasan terkait penggeledahan yang dilakukan penyidik KPK di kediaman Novanto yang berada di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan. Menurutnya dalam penggeledahan tersebut, penyidik KPK hanya membawa decoder CCTV.

“Tidak ada yang diambil, hanya CCTV saja,” ujar Fredrich kepada wartawan di depan kediaman Novanto, Kamis (16/11).

Fredrich juga menceritakan awal mula kedatangan penyidik ke kediaman Novanto pada Rabu (15/11), sekitar pukul 18.30 WIB. Saat itu sejumlah penyidik KPK masuk dengan membawa surat perintah penangkapan dan surat penggeledahan.

“Mereka (penyidik KPK) datang dengan sopan bahwa ada surat perintah penangkapan, ada surat tugas, ada surat penggeledahan. Saya tanya, izin dari pengadilan, mereka bilang mereka punya UU, ya sudah saya juga tidak mau terlalu mempermasalahkan, lalu surat tugasnya saya cocokkan dengan identitas mereka,” jelas Fredrich.

“Kemudian ditanya, di mana pak SN? saya bilang dari parlemen saya juga disuruh datang ke rumah, saya juga nunggu. tanya saja sama yang jaga di depan, pamdalnya, tanya sopirnya,” sambung dia.

Fredrich mengatakan, dirinya terakhir kali berkomunikasi dengan Novanto saat dirinya berada di DPR. Fredrich malam ini memang berniat untuk menemui Novanto di kediamannya, namun ketika dihubungi, baik Novanto maupun ajudannya tak mengangkat telepon.

“Terakhir komunikasi itu di DPR, begitu saya perjalanan pulang saya dekat sini, saya tanya, apakah sore ini bapak bisa terima tamu atau enggak? maksud saya biar saya bisa mandi lah, santai dan segalanya. Ditunggu sekarang, ya oke,” kata Fredrich.

 

(Baca juga: MODAL TUNJUKKAN VIDEO, PENGACARA NOVANTO KEMBALI SERET JOKOWI)

 

Sumber Berita Pengacara Sebut Novanto Sempat Pulang, KPK Hanya Bawa CCTV Setnov : Kumparan.com, Kumparan.com