Perlawanan Calon Jemaah Haji Korban Penipuan First Travel

Perlawanan Calon Jemaah Haji Korban Penipuan First Travel

Perlawanan Calon Jemaah Haji Korban Penipuan First Travel

Para korban First Travel sudah berteriak sejak lama. Mereka menuntut agar bisa berangkat umrah. Perjuangan para pencari keadilan, korban First Travel ini tercatat sejak awal 2017.

Lewat media sosial, mereka menyuarakan penyimpangan di First Travel. Ternyata, sejak 2015, First Travel sudah mulai menghadapi kendala. Banyak jemaah yang tertunda perjalanannya.

Tak sedikit di antara mereka yang datang dari luar kota, menginap di Jakarta. Tunggu punya tunggu tak ada kepastian berangkat. Padahal, ke tetangga, rekan, dan kerabat, sudah pamit akan umrah.

https://www.instagram.com/p/BUQ61hzFnwc/

https://www.instagram.com/p/BVAJZ6MAjK8/

https://www.instagram.com/p/BXSro8lAl0B/

Sepanjang April hingga Agustus 2017, protes melanda First Travel. Banyak jemaah yang mendatangi kantor perwakilan First Travel meminta kepastian kapan berangkat.

Tapi sepertinya janji tinggal janji. Hingga akhirnya awal Agustus 2017, jemaah melaporkan First Travel ke Bareskrim Polri.

https://www.instagram.com/p/BUQPDUxl5Fr/

Pada 9 Agustus lalu, akhirnya Bareskrim bergerak. Pemilik First Travel, ditangkap di Kemenag. Saat itu, Andika Surachman dan istrinya Anniesa Hasibuan tengah melobi untuk urusan izin. Kemenag memang mencabut izin First Travel.

Selain pasangan suami istri itu, adik Anniesa, Kiki Hasibuan juga ditangkap polisi. Mereka bertiga sudah berstatus tersangka dan ditahan.

Barang bukti First Travel
Barang bukti First Travel (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)

Dirtipidum Bareskrim Brigjen Herry R Nahak memberi penjelasan dalam jumpa pers, Selasa (22/8). Pasangan suami istri pemilik First Travel ini dikenakan pidana penipuan dan penggelapan.

Ada hampir 60 ribu jemaah yang tertipu. Nilai kerugian mencapai Rp 1 triliun mencakup, biaya jemaah dengan setoran Rp 14,3 juta, lalu biaya tiket, hotel, dan lainnya.
Barang bukti kasus First Travel
Barang bukti kasus First Travel (Foto: Marcia Audita dan Aprilandika Pratama/kumparan)

(Baca juga : ANNIESA FIRT TRAVEL KOLEKSI 21 TAS MEWAH DENGAN UANG JEMAAH)

 

Sumber Berita Perlawanan Calon Jemaah Haji Korban Penipuan First Travel : Kumparan.com