Pertama di Dunia Surabaya Canangkan Kebun Raya Mangrove

Pertama di Dunia Surabaya Canangkan Kebun Raya Mangrove

Pertama di Dunia Surabaya Canangkan Kebun Raya Mangrove

Pilgub Jawa Timur masih akan digelar tahun depan. Namun, sejumlah partai sudah mulai ancang-ancang soal calon yang akan diajukan. Nama-nama seperti Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi kandidat kuat.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, sedang menyiapkan 4.450 hektare lahan untuk ditanami magrove. Kawasan itu direncanakan menjadi Kebun Raya Magrove Surabaya.

“Kebun Raya biasanya di daratan, itu di pantai dan tanamannya jenisnya pantai,” kata Risma usai menghadiri peluncuran Gerakan Jaga Bhumi di Yayasan Kebun Raya Indonesia, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (23/5).

Susi Pudjiastuti dan Tri Rismaharini
Susi Pudjiastuti dan Tri Rismaharini

Setiap tahunnya, kawasan konservasi tersebut akan ditanami 250 ribu bibit Mangrove. “Kita tanam terus sampai 4.450 hektare itu terpenuhi,” kata Risma.

Menurut Risma, mangrove dipilih karena tanaman pantai ini memiliki banyak fungsi, salah satunya merupakan tempat biota laut tinggal dan mencari makan. “Masyarakat senang, biota laut timbuh di situ, kayak udang dan ikan,” ujar Risma.

Selain itu, mangrove merupakan tembok pertahanan alami dari air laut pasang. “Melindungi Surabaya, ya kita enggak minta ya, dari tsunami,” lanjut dia

 

Sumber Berita Pertama di Dunia Surabaya Canangkan Kebun Raya Mangrove : Kumparan.com