Pewaris Makam Mbah Priuk dengan Ahok Silaturahmi

Pewaris Makam Mbah Priuk dengan Ahok Silaturahmi

Pewaris Makam Mbah Priuk dengan Ahok Silaturahmi

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengunggah pertemuannya dengan Habib Abdullah Bin Abdurrahman Alaydrus (Habib Sting) dan keluarga di akun instagram miliknya, @basukibtp, Senin (1/5) lalu. Pertemuan Ahok dengan Habib Sting yang merupakan pewaris makam Mbah Priuk ini dilakukan di kediaman Ahok di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Dalam silaturahmi tersebut, Ahok juga menjelaskan masalah status tanah makam Mbah Priuk. Dia meminta agar pihak Yayasan Mbah Priuk untuk menyelesaikan izin lokasi.

“Ya mau main ke rumah saja, sudah kayak keluarga sendiri, mau main ke rumah, kita terimalah, mau makan,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/5).

https://www.instagram.com/p/BTiTqAiB2oQ/?taken-by=basukibtp

Ahok juga mengatakan pembangunan kompleks Makam Mbah Priuk bisa segera dilaksanakan tergantung izin dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Saya suruh ngajuin surat izin lokasi saja,” kata Ahok.

“Tergantung BPN, bisa enggak tanahnya diberesin, Pelindo sudah inkracht harusnya dikeluarin, makanya mesti izin lokasi dulu,” kata Ahok.

Pemprov DKI sendiri telah membuat rancangan kompleks masjid dan makam Mbah Priuk. Sementara proyek renovasi Makam Mbah Priuk akan memakan dana sebesar Rp 50 miliar. Masjid di kompleks makam Mbah Priuk nantinya akan dibangun di atas danau seperti permintaan Mbah Priuk sendiri.

Desain Makam Mbah Priok
Desain makam Mbah Priok.

Ahok mengatakan pembangunan dan pengembangan Mbah Priuk akan diperuntukkan untuk cagar budaya religi. Pemprov DKI sendiri, kata dia, sudah merampungkan desain dan hanya tinggal menunggu persetujuan pewaris Mbah Priuk. “Desainnya sudah, tinggal minta persetujuan dari Habib Sting (Habib Abdullah Sting Alaydrus) dan tentu dari Habib Hasan (Habib Al Zaenal Abidin bin Abdurrahman),” kata Ahok.

Proses pembangunan makam Mbah Priuk, kata Ahok, akan memakan biaya sekitar Rp 50 miliar. Nantinya, pengelolaan cagar budaya tersebut akan berada di bawah Yayasan Mbah Priuk. “Ini kira-kira akan bangun hampir Rp 50 miliar. Siapap pun enggak bisa membongkar, mengganggu,”tuturnya.

 

Sumber Berita Pewaris Makam Mbah Priuk dengan Ahok Silaturahmi : Kumparan.com