PGI Tolak Natal Bersama di Monas, Ini Tanggapan Anies-Sandi

PGI Tolak Natal Bersama di Monas, Ini Tanggapan Anies-Sandi

PGI Tolak Natal Bersama di Monas, Ini Tanggapan Anies-Sandi

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyatakan sikap tidak ikut dalam perayaan Natal Pemprov DKI Jakarta, yang akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. PGI pun menyampaikan alasannya.

“Pertama, kami melihat Monas ini sudah dibangun sebagai tempat tidak dalam rangka kepentingan pengumpulan massa yang mau mendorong kepentingan tertentu. Jadi kami mau Monas ini dijaga, dipelihara, memang justru jadi monumen yang bisa memperkokoh kehidupan bersama,” kata Ketua Umum PGI wilayah DKI Jakarta, Manuel Raintung, dalam konferensi pers di Graha Oikumene PGI, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).

Raintung mengatakan pihaknya sudah 4 kali mengadakan pertemuan dengan Pemprov DKI Jakarta terkait perayaan di Monas. Dalam pertemuan tersebut, PGI menyarankan agar penyelenggaraan Natal berlangsung di tempat tertutup.

“Sudah 4 kali sampai terakhir tanggal 11 Desember. Tapi untuk kelanjutannya kami belum bisa sampaikan apa jadi di Monas atau tidak. Tapi yang jelas, PGI menyarankan kepada gubernur tidak dilaksanakan outdoor tapi indoor,” jelasnya.

Pilih Indoor, PGI Tak Ikut Perayaan Natal Pemprov DKI di Monas
Jumpa pers PGI terkait Natal Pemprov DKI Jakarta di Monas (Indra Komara/detikcom)

Untuk tempat tertutup perayaan Natal, PGI menyarankan untuk dilaksanakan di 2 tempat, yakni JIExpo Kemayoran dan Glodok Kemayoran. Meski demikian, PGI tidak menyalahkan jika ada lembaga gereja lain yang ingin tetap ikut perayaan Natal di Monas.

“Kita kan sebagai lembaga harus punya sikap. Dalam hal ini kalau ada lembaga lain yang ingin ikut di Monas ya silakan,” jelasnya.

Dari 7 lembaga keumatan Kristen yang ada di Jakarta, baru PGI yang menentukan sikap menolak perayaan Natal di Monas. Ketujuh lembaga tersebut adalah PGI, PGLII (Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia), Gereja Pentakosta, Gereja Advent, Gereja Baptis, Gereja Ortodoks, dan Bala Keselamatan.

“Yang baru ambil sikap baru PGI,” katanya lagi.

Raintung juga mengatakan pihaknya akan membuat surat imbauan kepada umat Kristen, khususnya di Jakarta, untuk merayakan Natal secara sederhana.

“Karena inisiasi dari Pemprov, kami akan menyampaikan ke Pemprov, nanti kami akan buat surat imbauan kepada umat untuk merayakan Natal dengan kesederhanaan,” ujarnya.

PGI Tolak Rayakan Natal di Monas, Anies: Kita Pelajari Dulu

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) tidak ikut dalam perayaan Natal Pemprov DKI Jakarta, yang akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. Anies mengatakan akan mengkaji penolakan dari PGI tersebut.

“Kita pelajari dulu, saya pelajarin dulu,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).

Pemprov DKI sebelumnya memastikan akan menyelenggarakan perayaan natal di Monas. Sementara PGI tidak ingin ikut dalam perayaan natal di Monas.

PGI Tolak Rayakan Natal di Monas, Anies: Kita Pelajari Dulu
Anies Baswedan (Foto: Marlinda/detikcom) 

PGI Tolak Natal Bersama di Monas, ini Kata Sandiaga Uno

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) memutuskan tidak ikut dalam perayaan Natal yang digelar Pemprov DKI Jakarta di lapangan Monas, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyerahkan keputusan tersebut kepada umat kristiani.

“Kami serahkan kepada umat kristiani,” kata Sandiaga di RTH Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (16/12/2017).

Sandi menegaskan, perayaan Natal bersama tersebut, bertujuan untuk mempersatukan warga. Hal itu sebagai bagian dari upaya Pemprov DKI untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan warga, termasuk kegiatan keagamaan.

PGI Tolak Natal Bersama di Monas, ini Kata Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Foto: Zhacky/detikcom

“Kegiatan positif yang membangun optimisme untuk mempersatukan warga Jakarta,” ungkapnya.

 

 

(Baca juga: ADIK PRABOWO, HASHIM TEMUI SANDI BAHAS SOAL NATAL DI MONAS, PERAYAAN DIUNDUR HINGGA JANUARI)

 

Sumber Berita PGI Tolak Natal Bersama di Monas, Ini Tanggapan Anies-Sandi : Detik.com, Detik.com, Detik.com