Pledoi Siti Fadilah: Jangan Sepotong-potong Melihat Dana ke Amien Rais

Pledoi Siti Fadilah: Jangan Sepotong-potong Melihat Dana ke Amien Rais

Pledoi Siti Fadilah: Jangan Sepotong-potong Melihat Dana ke Amien Rais

Eks Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menyatakan aliran dana ke pendiri Partai Amanat Nasional Amien Rais bukan berasal dari pembayaran proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) di Departemen Kesehatan. Pernyataan itu tertuang di nota pembelaan alias pledoi Siti.

“Bahwa aliran-aliran dana tersebut harus dilihat secara menyeluruh dan jangan dilihat secara terpotong-potong, di mana dana-dana yang ada di dalam rekening milik Yurida bukan hanya dari PT Indofarma, dan juga bukan hanya dari PT Mitra Medidua, namun jauh sebelumnya sudah ada aliran dana untuk Soetrisno Bachir Foundation,” kata Achmad Cholidin, pengacara Siti, ketika membacakan pledoi di persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (7/6).

Image result for Cholidin
Achmad Cholidin

Yurida yang disebut Cholidin adalah Yurida Adlaini, sekretaris sekaligus bendahara Soetrisno Bachir Foundation (SBF).

Menurut Cholidin, transfer dana dari PT Mitra Medidua kepada Yurida, hanyalah urusan pinjam-meminjam uang antara Andri Krisnamurti, Direktur PT Mitra Medidua, dengan Riza Ganti Syahrun, suami Nuki Syahrun.

Nuki merupakan adik ipar Soetrisno Bachir (eks Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional–PAN) dan Ketua SBF.

“Dana di rekening Yurida bukan hanya dari PT Indofarma lalu ke PT Mitra Medidua kemudian masuk ke rekening Yurida, yang kemudian mengalir ke rekening Amien Rais,” kata Cholidin.

Mantan Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir
Mantan Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir

Klarifikasi Siti itu muncul karena jaksa KPK, ketika membacakan surat tuntutan Siti pada Rabu (31/5), menyebut ada dana yang mengalir ke rekening Amien Rais, yang berkaitan dengan kasus Siti.

Soetrisno Bachir sempat angkat bicara soal dana ke Amien Rais. Menurut dia, uang dari SBF untuk Amien Rais tidak terkait dengan proyek alkes.

“Jadi kalau mau ditarik ke situ lagi, dari mana uangnya? Ya dari mana-mana. Khususnya uangnya dari zakat, infaq, shadaqah, dari Soetrisno Bachir. Itu masuk ke rekeningnya Ibu Yuri untuk kegiatan sosial,” kata Soetrisno usai menghadiri acara buka puasa di rumah Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Jakarta, Jumat (2/6).

Adapun Amien Rais mengakui menerima dana Soetrisno Bachir, kendati tak memperjelas soal asal-usul dana itu.

“Persahabatan saya dengan Soetrisno Bachir sudah terjalin lama sebelum PAN lahir pada 1998. Seingat saya, sebagai entrepreneur sukses waktu itu, dia selalu memberi bantuan pada berbagai kegiatan saya, baik kegiatan sosial maupun keagamaan,” ujar Amien dalam konferensi pers di rumahnya, Jakarta Selatan, Jumat (2/6).

(Baca juga: KPK ANGGAP SEBAGAI FAKTA PERSIDANGAN UANG RP600 JUTA KE AMIEN RAIS)

(Baca juga: KPK SEBUT SUTRISNO BACHIR FOUNDATION ADA TERIMA ALIRAN DANA KORUPSI ALKES)

(Baca juga: SAAT SITI FADILAH BANTAH, AMIEN RAIS MALAH MENGAKU TERIMA UANG)

(Baca juga: KATA KPK DANA KORUPSI SITI FADILAH DITRANSFER KE REKENING AMIEN RAIS)

 

Sumber Berita Pledoi Siti Fadilah: Jangan Sepotong-potong Melihat Dana ke Amien Rais : Kumparan.com