Polres Wonosobo Bersih-bersih Sungai Setelah Pelaku Tertangkap

Polres Wonosobo Bersih-bersih Sungai Setelah Pelaku Tertangkap

Polres Wonosobo Bersih-bersih Sungai Setelah Pelaku Tertangkap

Beberapa waktu lalu, Polres Wonosobo mengamankan tiga orang yang membuang sampah ke sungai di bawah jembatan di Desa Pacekelan, Kecamatan Sapuran. Pasca penangkapan itu, kepolisian Wonosobo yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Muhammad Ridwan, pada, Sabtu (2/9) melakukan pembersihan Sungai Bogowonto.

Aksi bersih-bersih ini diikuti oleh beberapa elemen masyarakat lainnya seperti TNI dari Dandim 0707 Wonosobo beserta anggota Kodim, berbagai LSM, Banser, BPBD, komunitas motor, gabungan SAR Wonosobo, dan masyarakat sekitar.

Polisi dan masyarakat bersih-bersih sungai
Polisi dan masyarakat bersih-bersih sungai. (Foto: Instagram: polres_wonosobo)

Dengan bergotong royong ke depan diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah di sungai. Selain itu seluruh masyarakat diminta untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Polisi dan masyarakat bersih-bersih sungai
olisi dan masyarakat bersih-bersih sungai. (Foto: Instagram: polres_wonosobo)

Sebelumnya dalam video yang sempat viral pada Rabu (30/8) memperlihatkan sejumlah pria membuang sampah yang dikeluarkan dari sebuah truk. Diketahui sampah-sampah tersebut merupakan hasil bumi seperti talas, jahe dan kunir.

Akan tetapi Humas Humas Polres Wonosobo, Bripka Nanang Dwi Putro Wibowo, menjelaskan video tersebut sebenarnya video lama yang sudah pernah diunggah tiga bulan lalu, namun baru belakangan ini menjadi viral.

“Videonya itu sebenarnya video lama, sebelum puasa sekitar tiga bulan lalu sudah pernah diunggah. Baru jadi viral setelah diunggah lagi sama akun wonosobo1menit dan di mention ke humas polres,” kata Nanang.

Setelah kejadian ini, diharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, meningkat. Sebab sungai adalah alam yang harus dijaga kelestariannya, demi kelangsungan ekosistem di bumi. Sungai bukan tempat menampung sampah.

https://www.instagram.com/p/BYh2RgFDqTC/

 

Sumber Berita Polres Wonosobo Bersih-bersih Sungai Setelah Pelaku Tertangkap : Kumparan.com